Senin 08 Apr 2024 08:01 WIB

Supermarket Inggris Tarik Viennetta Vanilla, Terkait Boikot?

Es krim Viennetta diproduksi oleh Walls, perusahaan milik Unilever.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Es krim Viennetta. Supermarket Tesco di Inggris menarik produk Viennetta rasa vanila.
Foto: Dok Wall's
Es krim Viennetta. Supermarket Tesco di Inggris menarik produk Viennetta rasa vanila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah supermarket besar di Inggris telah memutuskan untuk menarik Viennetta rasa vanila dari semua tokonya. Mereka juga mengeluarkan peringatan "Jangan Dikonsumsi" di tengah ketakutan masyarakat akan alergi.

 

Baca Juga

Es krim tersebut telah ditarik dari penjualan di Tesco bukan karena produsennya, Unilever, menjadi salah satu perusahaan yang produknya masuk dalam daftar boikot oleh masyarakat global. Unilever dianggap terafiliasi dengan Israel, negara yang diperintahkan Mahkamah Internasional untuk tidak melakukan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza.

Penarikan Viennetta rasa vanila dilakukan Tesco karena susu dan kedelai tercantum dalam bahasa Spanyol di daftar bahan. Kesalahan tersebut membuat es krim Viennetta berpotensi menimbulkan risiko kesehatan akibat alergi atau intoleransi terhadap susu dan kedelai.

 

"Hanya Viennetta Vanilla yang dijual di toko Tesco Inggris," kata badan amal Allergy UK, dikutip dari The Sun, Ahad (7/4/2024).

Juru bicara Allergy UK menyerukan agar masyarakat yang telanjur membelinya dan memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu atau kandungan susu kedelai untuk tidak memakan Viennetta rasa vanila.

"Sebaliknya, hubungi tim Unilever careline untuk panduan lebih lanjut di 0800146252 atau email [email protected],” tulis mereka lagi.

Viennetta merupakan es krim rasa cokelat dan vanila dengan lapisan cokelat yang crunchy dan lelehan saus cokelat lezat. Es krim ini diproduksi oleh Walls, perusahaan milik Unilever.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement