Rabu 20 Mar 2024 15:11 WIB

Anak Sering Sakit Belum Tentu Imunnya Akibat Kurang Baik, Coba Cek Apakah Alergi Sesuatu?

Gejala alergi pada tiap anak bisa berbeda-beda.

Anak sakit (ilustrasi). Gejala yang timbul akibat alergi umumnya berlangsung lama dan berulang setelah sembuh.
Foto: www.pixabay.com
Anak sakit (ilustrasi). Gejala yang timbul akibat alergi umumnya berlangsung lama dan berulang setelah sembuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak Anda sering jatuh sakit? Bisa jadi, itu karena alergi terhadap sesuatu yang belum diketahui orang tua.

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Prof. DR Dr Anang Endaryanto, SpA (K), MARS menyebut orang tua sering kali menghadapi kebingungan ketika anak-anak mereka sering sakit. Sering kali, mereka mengira bahwa kekebalan tubuh atau sistem imun anak kurang baik.

Baca Juga

Padahal, tak jarang penyebab sebenarnya adalah anak alergi terhadap sesuatu. Anak-anak yang alergi terhadap makanan tertentu, debu, bulu hewan peliharaan, atau faktor lingkungan lainnya mungkin rentan terhadap infeksi dan peradangan, yang membuat mereka tampak sering sakit.

"Banyak orang tua meminta obat kepada dokter untuk meningkatkan kekebalan tubuh anaknya karena sering sakit, bahkan banyak juga yang meminta antibiotik, ini adalah hal yang keliru, ini bisa jadi anak alergi. Yang justru diperlukan adalah mengenali alergi anak dengan berdiskusi dengan dokter," kata Prof Anang pada diskusi daring, Selasa (19/3/2024).

Dokter yang juga Ketua Minat Alergi Imunologi Anak Prodi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak FK-Unair itu menyebut, memang banyak faktor yang membuat anak mudah sakit. Beberapa ciri anak mudah sakit karena alergi umumnya diiringi gatal-gatal, nyeri perut, diare, sariawan, batuk, pilek, hingga sesak.

Meski begitu, Prof Anang mengatakan gejala-gejala tersebut bisa juga diakibatkan gangguan kekebalan jenis lain, seperti salah satunya infeksi. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mampu jeli mendeteksi ciri-ciri khusus dari gejala alergi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement