Ahad 07 Apr 2024 13:01 WIB

Viral Merek Diboikot Jadi Sponsor di Masjid Istiqlal, Efektif Redakan Stigma Negatif?

Sebanyak 61,2 persen nyatakan tidak setuju strategi donasi dan akan tetap memboikot.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Lida Puspaningtyas
Pakar Marketing Yuswohady.
Foto: ACT
Pakar Marketing Yuswohady.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral tangkapan gambar acara bantuan sosial di Masjid Istiqlal Jakarta yang disponsori oleh brand yang ramai diboikot masyarakat. Hal tersebut membuat riuh media sosial dengan warganet mempertanyakan dan menyatakan kekecewaan mendalam pada managemen Masjid Istiqlal yang dinilai tidak sensitif pada upaya boikot produk pro Israel sebagai bentuk solidaritas pada kondisi genosida di Palestina.

Belakangan, brand-brand yang diboikot memang melakukan sejumlah strategi marketing promosi produk gratis hingga donasi yang menggandeng lembaga atau institusi Islam. Pakar menilai strategi sejumlah brand menggelar donasi, pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza hingga menggandeng filantropi Islam ini bisa cukup efektif dalam meredam aksi boikot produk yang berafiliasi dengan Israel.

Baca Juga

Pakar Marketing Yuswohady menyebut tingkat pengaruh strategi ini terhadap perubahan masyarakat cukup tinggi, bahkan hampir mencapai 40 persen di kalangan generasi Z dan Milenial. Hal ini berdasarkan riset yang ia lakukan per Maret 2024.

Riset Inventure menunjukkan sebanyak 38,8 persen responden menyatakan akan berhenti melakukan boikot kepada produk atau layanan yang dianggap terafiliasi dengan Israel jika produsen produk atau layanan tersebut telah melakukan berbagai aksi CSR seperti donasi, aksi peduli, pengiriman bantuan untuk para korban di Gaza.

"Cukup besar ya 40 persen. Saya awalnya juga tidak percaya, saya kira kalau udah stigma dicap pro dengan Israel akan terus diboikot tetapi survei menunjukkan jika perusahaan merespon dengan aksi donasi itu membuat customer lulu," ujar Yuswohady dalam keterangannya kepada Republika, Ahad (7/4/2024).

Sedangkan responden yang menyatakan tidak setuju atau tetap memboikot jumlahnya cukup besar yakni 61,2 persen. Hal ini juga menunjukkan stigma produk pro Israel cukup besar di masyarakat.

Menurutnya, survei ini dilakukan dengan mayoritas responden adalah generasi Z sebanyak 81,2 persen dan milenial 18,8 persen. Karenanya, hasilnya bisa berbeda jika dilakukan ke generasi X maupun lainnya.

Berdasarkan riset Inventure, sebagian besar responden (hampir 90 persen) setuju dengan pemboikotan. Namun kalau ditelisik lebih dalam, sebagian besar alasan mereka memboikot (sekitar 60 persen) adalah karena faktor emosional-universal, yaitu: solidaritas kemanusiaan dan penolakan terhadap brand yang mendukung konflik.

Di lain sisi, alasan spiritual, yaitu dukungan terhadap Palestina karena pertimbangan sesama kaum muslim hanya sebesar 32,8 persen.

"Itu yang menarik di survei, alasannya itu adalah sekali lagi, kalau based on milenial dan Gen Z itu alasan kemanusiaan, bukan alasan keagamaan. Karena saya kira muslim Indonesia ini moderat, jadi lebih ke kemanusiaan," ujarnya.

Karenanya, Yuswohady menilai, jika strategi ini terus dilakukan oleh brand-brand yang terimbas boikot, akan berpengaruh untuk bebeberapa segmen masyarakat.

"Betul, kalau dia lakukan longterm nanti akan luluh," ujarnya.

Namun demikian, Yuswohady menilai kondisi ini hanya bisa terjadi jika ada brand-brand yang konsistem melakukan upaya sosial. Sebab, tidak jarang antara brand di tingkat pusat kontradiksi dengan brand yang berada di wilayah terdampak boikot.

"Jadi kalau disitu dilakukan konsisten, di Indonesia di global, akan melunak, karena mereka rasional sanksi ini tujuannya berhasil kalau dia bisa mengubah, tetapi yang saya amati dalam kasus ini ada brand- brand yang antara kebijakan Indonesia dan pusat berbeda sehingga agak sulit karena kontradiksi," ujarnya.

Dalam survei Inventure juga disebutkan brand yang paling terdampak oleh boikot adalah brand-brand resto siap saji global. McDonalds’s menempati urutan pertama sebesar 52,4 persen, disusul Starbucks 37,9 persen, Burger King 4,4 persen, dan KFC 2,9 persen dan terakhir Pizza Hut 2,4 persen.

"Kesimpulan umum yang kami dapatkan, brand-brand yang paling banyak diboikot adalah brand-brand yang memiliki awareness tinggi (household brands). Di samping itu, berita-berita yang beredar di media mengenai keberpihakan brand-brand tersebut kepada agresi Israel sangat memengaruhi keputusan konsumen untuk memboikot produk," ujarnya.

Advertisement

Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
  • Tapi perusahaan tersebut emang benar² mau tulus membantu, gimana dong, masak ditolak? Apalagi banyak yg membutuhkan.
    11 Bulan lalu
  • Langkah istiqlal sudah benar kok. Moga makin banyak yang terbantu karna bantuan dari perusahaan besar ini
    11 Bulan lalu
  • Di saat kesusahan seperti ini langkah istiqlal sudah benar, lagi pula yg kerja di perusahaan tsb banyak dari kalangan Muslim jg, dan dgn tujuan membantu sesama Muslim. Semoga berkah
    11 Bulan lalu
  • Istiqlal sudah melakukan hal yang tepat ,dan semoga selalu berkah untuk semuanya.
    11 Bulan lalu
  • Masya Allah , berkah untuk semuanya.
    11 Bulan lalu
  • Semoga bantuannya tersalurkan dengan baik
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah masih banyak yang bersedia untuk membantu sesama.
    11 Bulan lalu
  • Brand-brand tersebut sudah berbuat hal yang baik. Moga apa yang mereka berikan dapat membantu banyak orang
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah masih banyak yg tersedia untuk membantu sesama.
    11 Bulan lalu
  • Semoga bantuannya bisa membantu banyak orang ya. Dan gak akan lagi di pandang sebagai brand yang di boikot
    11 Bulan lalu
  • Moga yang sudah membantu mendapat kan berkah darinya. Dan makin banyak orang yang percaya kalau yang di Indonesia belum tentu terlibat
    11 Bulan lalu
  • Berkah untuk semua yang telah membantu dan semoga tidak terhenti dengan adanya teriakan boikot
    11 Bulan lalu
  • Bicara soal boikot bukannya brand-brand tersebut masih ada niat baik? Toh yang di Indonesia belum tentu berniat jahat seperti yang di pusat. Mereka masih peduli akan sesama
    11 Bulan lalu
  • Berbicara soal kemanusiaan brand-brand yg di boikot ini jg sdh membuktikan kalau mereka jg peduli kemanusiaan, lewat donasinya, dan semoga berberkah
    11 Bulan lalu
  • Hidup lagi susah. Orang mau bantu dan beramal aja salah karna di anggap perusahaan yang diboikot. Kasian kalau ada saudaranya yang kerja di sana
    11 Bulan lalu
  • Hidup lagi susah. Orang mau bantu dan beramal aja salah karna di anggap perusahaan yang diboikot. Kasian kalau ada saudaranya yang kerja di sana
    11 Bulan lalu
  • Lucu si orang berbuat baik aja masih di hujat padahal mereka tulus buat berbagi di jaman yang serba harga naik ini
    11 Bulan lalu
  • Sudah jelas jelas mereka (perusahaan) itu membantu kok masih diteriakin boikot?? harusnya bersyukur donk masih ada yg peduli
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah moga menjadi berkah semuanya. Jadi banyak yang terbantu
    11 Bulan lalu
  • Apapun keadaannya selagi bisa memenuhi ekonomi mereka dan sangat di butuhkan saya pasti dukung perusahaan yg membantu
    11 Bulan lalu
  • Senang rasanya kalau banyak yang membantu kaya gini
    11 Bulan lalu
  • Jangan memikirkan kepentingan segelintir oknum,banyak yang membutuhkan, boikot tidak dibenarkan
    11 Bulan lalu
  • Ngak usah muna, perputaran ekonomi akan terus berjalan dan bantuan banyak dibutuhkan,apa yang anda pikirkan kalo boikot pasti ekonomi akan berhenti dan kita rugi
    11 Bulan lalu
  • Berpikir secara rasional, Alhamdulillah masih banyak bantuan yang mengalir
    11 Bulan lalu
  • Membantu adakah hak mereka yg begini harus kita apresiasi,tega banget yang ngehina
    11 Bulan lalu
  • Aku mencintai saudara ku dan peduli kepada mereka,hentikan menghina jika kita tidak bisa membantu yg mereka butuhkan sekarang kebutuhan Ekonomi yg sangat besar
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah, akhirnya brand-brand ini mampu membuktikan kalau mereka juga sangat peduli akan kemanusiaan,dg donasi di mesjid di Istiqlal itu
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah, akhirnya brand-brand ini mampu membuktikan kalau mereka juga sangat peduli akan kemanusiaan,dg donasi di mesjid di Istiqlal itu
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah, akhirnya brand-brand ini mampu membuktikan kalau mereka juga sangat peduli akan kemanusiaan,dg donasi di mesjid di Istiqlal itu
    11 Bulan lalu
  • Sangat menyayangkan yang cuma bisa menghina dan selalu teriak boikot,harga pada naik , ekonomi banyak yg sulit,biarkan lah Perusahaan itu membantu mereka
    11 Bulan lalu
  • Disana masih menunggu bantuan lebih banyak dan banyak yg kelaparan, hentikan menghina,dukung terus Perusahaan yang sudah baik membantu
    11 Bulan lalu
  • Lanjutkan dalam menebar kebaikan abaikan yang menghina dan ngak usah peduli sama yg bilang boikot
    11 Bulan lalu
  • Ya ampunnn.. ada yang mau berbuat kebaikan kok bukannya disyukuri malah dicurigai.
    11 Bulan lalu
  • Thanks Istiqlal & Perusahaan yg selalu ada untuk digaris terdepan dalam misi kemanusiaan, berkah
    11 Bulan lalu
  • Terus lakukan kebaikan ngak usah peduli sama yg cuma omdong dan ngak membantu,bikin malu
    11 Bulan lalu
  • Akan selalu mendukung Perusahaan dan Istiqlal dalam menyalurkan bantuan,no boikot no menghina
    11 Bulan lalu
  • Peran Perusahaan tersebut dalam membantu sangat berjasa apalagi keadaan sekarang yg serba susah
    11 Bulan lalu
  • Suka heran sama yang bilang boikot dan mencela,kalo ngak bisa bantu setidak nya ya dukung Perusahaan yg sudah membantu bukan menghina nya
    11 Bulan lalu
  • Tak henti hentinya selalu mengucapkan rasa syukur masih banyak yg membantu,semoga akan selalu berkah
    11 Bulan lalu
  • Istiqlal sudah melakukan langkah yg tepat dalam menyalurkan bantuan, aku dukung terus perusahaan yg bergerak membantu perekonomian disana
    11 Bulan lalu
  • Mari dukung perusahaan yang mau membantu terus lakukan kebaikan,yg menghina emang sudah bantu apa ????
    11 Bulan lalu
  • Kan merek di atas niatnya ingin membantu, masa iya di boikot? Yg bener aja??
    11 Bulan lalu
  • Langkah tepat sudah dilakukan Istiqlal,terus bantu untuk yg membutuhkan dan lanjutkan
    11 Bulan lalu
  • Jangan semua2 di boikot.. ingat dgn perputaran ekonomi kita juga berpengaruh besar lho..
    11 Bulan lalu
  • Jangan semua2 di boikot.. ingat dgn perputaran ekonomi kita juga berpengaruh besar lho..
    11 Bulan lalu
  • Jangan semua2 di boikot.. ingat dgn perputaran ekonomi kita juga berpengaruh besar lho..
    11 Bulan lalu
  • Sangat bagus perusahaan yang mau membantu dan itu kewajiban ngak usah koar** boikot deh
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulillah, insyaallah berkah untuk semuanya.
    11 Bulan lalu
  • Tapi perusahaan tersebut mau bantu kan ya? Kenapa diributin?
    11 Bulan lalu
  • Heran kok banyak ya yang hina. Padahal kan membantu itu hak semuanya , apalagi sekarang Harsa lagi naik naik nya.
    11 Bulan lalu
  • Masyarakat harus lebih jeli sebelum melakukan boikot agar sasaran tujuan dari aksi bisa tercapai
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulilah masih ada yg tergerak membantu sesama. Dizaman yg susah sprti skrg semoga bsa membantu meringankan saudara saudara kita yg kesusahan..
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulilah masih ada yg tergerak membantu sesama. Dizaman yg susah sprti skrg semoga bsa membantu meringankan saudara saudara kita yg kesusahan..
    11 Bulan lalu
  • Alhamdulilah masih ada yg tergerak membantu sesama. Dizaman yg susah sprti skrg semoga bsa membantu meringankan saudara saudara kita yg kesusahan..
    11 Bulan lalu
  • UMKM yang menyalurkan daging ayam, bubuk kopi, kentang, cabai, dan lain sebagainya untuk merek restoran yang dianggap terafiliasi dengan Israel akan ikut terkena imbas boikot. Artinya, dampak boikot juga dirasakan pelaku ekonomi lokal.
    11 Bulan lalu
  • Kalo semua di boikot malah mematikan pertumbuhan ekonomi indonesia ga sih, bahan baku dan produksinya tetep memakai org indo kok
    11 Bulan lalu
  • Mereka menjalankan misi kemanusiaan dng membantu sesama
    11 Bulan lalu
  • Banyak masyarakat antusias dengan boikot produk2 yg pro dengan israel, tapi blm ada bukti jelas kalo mereka mengirim bantuan ke gaza
    11 Bulan lalu
  • Tetep kalopuk kita boikot produk2 yg dipandang berafiliasi, sodara2 kita juga yg pasti kena imbas karna bekerja di perusahaan itu
    11 Bulan lalu
  • Bingung bnyak yg cenderung menghina yaa, padahal kan membantu sesama itu hak semua orang lagian juga harg² pada naik
    11 Bulan lalu
  • banyak orang butuh bantuan banget di saat2 ini, istiqlal nerima mereka pasti karena kebutuhan
    11 Bulan lalu
  • Insyaallah boikot selamanya, gakan tertipu dgn akalbulusnya, hanya 4njing yg akan kembali pada majikannya
    12 Bulan lalu
  • Gak ngaruh tetap lanjut boikot, masih ada produk lokal yang juga berkualitas yg pastinya gak dukung penjajah israhelll
    12 Bulan lalu
  • mereka pro israel pun itu hoax guys, tidak ada bukti nyata. mereka salah satu pemacu pertumbuhan ekonomi negara dan mereka juga membantu palestine
    12 Bulan lalu
  • tp setau ku mereka jg membantu umat muslim
    12 Bulan lalu
  • Kok di boikot.. Yg kerja kan byk org Indonesia yg muslim, klo perusahaan rugi & tutup, byk karyawan muslim yg jd pengangguran d.. Harusnya disuruh berdoa, supaya Damai..
    12 Bulan lalu
  • Boikot sampe penjajah israel hengkang dari tanah palestine hingga merdeka
    12 Bulan lalu
  • Bokiot bukan melihat sekedar ALASAN KEMANUSIAAN tapi ALASAN KEIMANAN, dan pengusaha muslim wajib berupaya membuat produk yang sejenis yang bisa mendunia.
    12 Bulan lalu
  • Kgk ada urusan dgn promo2...nyawa sdr2 di Palestina ngak bisa dituker sm promo2 dan donasi. Sy ttp maksimal kan Boikot. Ayo maju produk lokal
    12 Bulan lalu
  • Tetap boikot
    12 Bulan lalu
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement