Rabu 31 Aug 2022 05:00 WIB

Bukan Sekadar Kering, 5 Gejala Lain di Kulit Kaki Jadi Tanda Peringatan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa memunculkan tanda peringatan pada kulit kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit kaki (ilustrasi). Kaki yang tampak menjadi pucat, mengkilat, dan halus dapat menjadi tanda kolesterol tinggi.
Foto: www.freepik.com.
Kulit kaki (ilustrasi). Kaki yang tampak menjadi pucat, mengkilat, dan halus dapat menjadi tanda kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi dikenal sebagai "pembunuh diam-diam" karena bisa memicu beberapa masalah kesehatan serius tanpa memunculkan gejala berarti. Meski begitu, kolesterol tinggi terkadang memunculkan tanda peringatan pada kulit yang patut diwaspadai.

Masalah kolesterol tinggi biasanya dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tinggi lemak dan kebiasaan minum alkohol. Kolesterol tinggi jarang memunculkan gejala, sehingga sulit disadari oleh penderitanya.

Baca Juga

Ketika kolesterol tinggi tidak terkontrol, penumpukan plak bisa terjadi di dinding pembuluh darah. Penumpukan plak ini akan membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit dan aliran darah menjadi terbatas, termasuk aliran darah ke area kaki.

Terbatasnya aliran darah ke area kaki bisa menyebabkan terjadinya sebuah kondisi bernama critical limb ischaemia (CLI). Ini merupakan penyumbatan berat pada ekstremitas bawah.

Menurut National Health Service, CLI merupakan sebuah kondisi yang sangat serius dan cukup sulit untuk diobati. Salah satu tanda yang muncul ketika CLI terjadi adalah kulit di area kaki menjadi kering.

Selain CLI, beberapa hal lain juga dapat menyebabkan kulit di kaki menjadi kering. Namun pada kasus CLI, perubahan pada kulit di kaki ini biasanya akan disertai dengan beberapa gejala lain. Berikut ini adalah gejala-gejala tersebut:

1. Rasa nyeri seperti terbakar yang hebat pada kaki dan tak mereda meski sudah istirahat.

2. Kulit menjadi pucat, mengkilat, dan halus.

3. Luka dan borok pada kaki sulit sembuh.

4. Kehilangan massa otot di kaki.

5. Kulit jari kaki dan tungkai bawah menjadi dingin serta kebas, berubah warna menjadi merah lalu hitam, dan/atau mulai membengkak dan mengeluarkan nanah berbau, serta menyebabkan nyeri yang hebat atau gangren.

Bila mengalami gejala yang dicurigai berkaitan dengan CLI, National Health Service di Inggris merekomendasikan pasien untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement