Jumat 26 Aug 2022 19:05 WIB

Jerawat Tumbuh di Pipi, Rahang, atau Dahi, Pertanda Apa?

Letak kemunculan jerawat menyiratkan kondisi tertentu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jerawat di pipi (ilustrasi). Tidak selalu akibat kebersihan wajah yang kurang terjaga, jerawat juga bisa muncul akibat faktor lain.
Foto:

Penyebab lain yang memungkinkan pipi berjerawat menurut Khan yakni sarung bantal yang kotor. Sarung bantal bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan juga menyebabkan jerawat di pipi. Khan menyarankan untuk mengganti sarung bantal minimal sepekan sekali.

Selain di pipi, jerawat juga bisa muncul di garis rambut. Khan mengatakan, pemicunya bisa jadi karena produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner menyumbat pori-pori.

Cara terbaik untuk mencegah jerawat yang disebabkan kotoran dan bakteri adalah dengan mencuci muka setiap hari. Akan tetapi, jika mendapati jerawat muncul di sepanjang garis rahang, itu cenderung dipicu ketidakseimbangan hormon, terutama pada perempuan. Sementara, jerawat di area dahi dan hidung alias T-zone mencerminkan ketidakseimbangan gaya hidup.

"Jika jerawat muncul di area ini (T-zone), Anda perlu lebih banyak tidur, lebih banyak minum air, dan perlu memantau nutrisi. Disarankan juga untuk mengelola tingkat stres karena kadar kortisol yang tinggi adalah penyebab lain kulit berjerawat," ujar Khan, dikutip dari laman Express, Jumat (26/8/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement