Jumat 25 Feb 2022 22:27 WIB

Biar Nggak Jerawatan Akibat Pakai Masker, Apa yang Bisa Dilakukan?

Memakai masker terus-menerus dapat membuat wajah jadi berjerawat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Maskne (ilustrasi). Berjerawat setelah memakai masker berjam-jam bisa terjadi akibat beberapa faktor.
Foto: www.freepik.com
Maskne (ilustrasi). Berjerawat setelah memakai masker berjam-jam bisa terjadi akibat beberapa faktor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keharusan mengenakan masker selama pandemi Covid-19 membuat sebagian orang mengalami "maskne". Istilah yang berasal dari gabungan kata "mask" dan "acne" itu merujuk pada kondisi wajah berjerawat yang muncul akibat pemakaian masker yang terus-menerus.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Pramudia, Anthony Handoko, menjelaskan hal itu sangat mungkin terjadi. Pasalnya, masker yang dikenakan seseorang menutupi sepertiga wajah bagian bawah, termasuk pipi, hidung, dan mulut.

Baca Juga

Munculnya jerawat di area yang kontak dengan masker secara berkala dapat disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena produksi minyak berlebih, suhu panas karena tertutup masker, dan napas yang diembuskan terjebak di area tersebut.

"Tentu solusinya bukan lantas tidak memakai masker. Tetap pakai masker, tapi lebih menjaga kebersihan. Ganti masker tiga sampai empat kali sehari, tergantung durasi pemakaiannya," ungkap Anthony.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement