Jumat 21 Apr 2023 16:49 WIB

Jerawat Buta Bikin Sakit dan Sulit Dihilangkan, Ini Tips Mengatasinya

Jerawat buta bisa menyakitkan, bengkak, dan sulit dihilangkan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Jerawat buta (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat buta.
Foto: corbis.com
Jerawat buta (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat buta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Blind pimple atau jerawat buta adalah jenis jerawat yang terbentuk lebih dalam di kulit dan tidak timbul seperti jerawat biasa. Jenis jerawat ini bisa menyakitkan, bengkak, dan sulit dihilangkan.

Jerawat buta terbentuk di bawah permukaan kulit, berbeda dengan bentuk jerawat lainnya yang menghasilkan komedo putih, komedo, atau benjolan merah yang terlihat. Beberapa jerawat buta kemudian tumbuh dari bawah permukaan kulit Anda, menimbulkan noda yang terlihat. Beberapa hilang seiring waktu tanpa muncul langsung di kulit luar.

Baca Juga

Berikut beberapa tips efektif dan mudah yang dapat Anda ikuti untuk menghindari dan mengobati jerawat membandel dilansir laman NDTV, Jumat (21/4/2023):

1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor

 

Tangan Anda adalah tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri ini ke kulit Anda, yang menyebabkan jerawat. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, dan hindari menyentuh wajah sama sekali jika memungkinkan.

2. Hindari memencet jerawat

Memencet jerawat buta dapat memperburuk peradangan dan membuatnya membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang. Selain itu, ini dapat menyebabkan jaringan parut atau bahkan infeksi. Sebagai gantinya, coba gunakan produk yang akan membantu mengecilkan jerawat.

3. Kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan. Celupkan kain bersih ke dalam air hangat, peras kelebihan airnya, dan tempelkan pada jerawat selama lima hingga sepuluh menit. Ulangi ini beberapa kali sepanjang hari.

4. Eksfoliasi secara teratur

Pengelupasan kulit dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakan eksfoliator lembut yang mengandung asam salisilat atau asam alfa hidroksi. Bahan-bahan ini membantu membuka pori-pori dan mencegah pembentukan jerawat. Namun, berhati-hatilah dengan kulit Anda dan jangan berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi.

5. Gunakan pengobatan spot

Perawatan spot dapat membantu menargetkan area kulit tertentu dan membantu mengurangi munculnya jerawat. Cari perawatan noda yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Bahan-bahan ini akan membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan.

6. Gunakan clay mask

Clay mask dapat membantu menghilangkan kotoran dari kulit dan mengurangi peradangan. Oleskan clay mask sekali atau dua kali seminggu di area yang terkena selama sepuluh menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

7. Pertahankan rutinitas perawatan kulit yang sehat

Rutinitas perawatan kulit yang sehat akan membantu mencegah jerawat dan menjaga kulit Anda tetap bersih. Cuci muka dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan gunakan pelembap yang nonkomedogenik, artinya tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang merusak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement