Jumat 21 Apr 2023 11:47 WIB

Sempat Sakit, Moonbin Astro Pernah Bilang: Saya akan Pulih Satu per Satu

Setelah konser di Bangkok, Moonbin Astro sempat mengungkapkan pemikirannya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Personel grup K-pop Astro, Moonbin. Moonbin ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di kediamannya di Gangnam, Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (19/4/2023).
Foto: Instagram/officialastro
Personel grup K-pop Astro, Moonbin. Moonbin ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di kediamannya di Gangnam, Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Seorang pejabat di industri musik K-pop yang tidak disebutkan namanya sangat terkejut atas kematian Moonbin Astro. Hal ini mengingat Moonbin pernah mengatakan pada dirinya bahwa dia akan termotivasi untuk maju.

"Ini lebih disesalkan, karena dia baru-baru ini menunjukkan motivasi. Terlihat lebih baik memikirkan bertemu dengan para penggemar," kata pejabat tersebut dikutip dari laman Dispatch, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga

Sebelum meninggal pada Rabu (19/4/2023), Moonbin juga sedang melakukan tur dunia sebagai grup unit (Moonbin&Sanha) hingga awal bulan ini. Setelah menyelesaikan konser di Bangkok, Moonbin sempat mengungkapkan pemikirannya tentang penampilan tersebut.

Moonbin mengaku kepada para penggemar, "Saya merasa tidak enak badan tetapi saya baik-baik saja sekarang. Jika saya harus mengakuinya, itu sedikit sulit. Maaf, saya berusaha menjadi lebih baik. Saya akan pulih satu per satu dan membuat Aroha (sebutan untuk penggemar Astro-Redaksi) bahagia," kata dia.

 

Kabar meninggalnya Moonbin membawa duka bagi industri musik K-pop. Industri musik telah menangguhkan dan menunda beberapa jadwal karena kematian mendadak Moonbin. Le Sserafim membatalkan jadwal untuk acara televisi “Knowing Bros” dalam perjalanan ke kantor. Mereka meminta untuk tidak meliput foto bandara. IU meminta embargo pers wawancara untuk Dream.

Adik mendiang penyanyi Moonbin Astro, Moon Sua, menjadi kepala pelayat di acara persemayaman kakaknya. Moon Sua juga merupakan idola dari girl group Billlie. Hal itu dikonfirmasi oleh agensi dan label Astro, Fantagio.

Dilansir laman Indian Express pada Jumat (21/4/2023), Fantagio menyebut anggota Astro Jinjin, Sanha, Rocky adalah orang pertama yang tiba di lokasi persemayaman. MJ segera menyusul setelah mendapat cuti dari tugas wajib militernya. Kemudian, Cha Eun-woo, yang baru tiba dari AS, terekam buru-buru menuju mobil setelah tiba di bandara Korea.

Dilansir laman Dispatch, aula pemakaman disiapkan pada pukul 11.00 waktu Korea pada 20 April 2023. Anggota Astro berkumpul di aula pemakaman Moonbin.

Seseorang dari industri musik berulang kali berkata tidak percaya dengan kematian Moonbin. "Dia adalah orang yang sangat cerdas,” kata orang tersebut.

Orang tersebut mengatakan, Moonbin adalah teman yang selalu membuat orang di sekitarnya bahagia. Dia tak bisa membayangkan betapa menyakitkannya perjuangan Moonbin untuk terus berjuang selama ini.

"Sungguh menyakitkan memikirkan betapa sulitnya baginya untuk tersenyum di luar,” ujar orang itu.

Moonbin dikatakan memiliki kepribadian ceria tanpa memunculkan kesulitan yang dia alami. Ada masalah kesehatan baru-baru ini, tetapi dikatakan bahwa Moonbin juga tampaknya mengatasinya dengan baik.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement