Kamis 11 Aug 2022 04:00 WIB

Kolesterol dan Gula Darah Anda Tinggi? Minuman Menenangkan Ini Bisa Bantu Menurunkannya

Kolesterol dan gula darah tinggi perlu dikendalikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Teh kamomil (ilustrasi). Menurut studi, teh kamomil jerman bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dan membantu memperbaiki kadar glukosa, insulin, dan lipid darah.
Foto:

Seperti halnya kolesterol tinggi dan diabetes, tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Peningkatan risiko ini bisa terjadi karena tekanan darah tinggi akan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Asupan lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah.

Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah sosis, daging berlemak, mentega, dan ghee atau sejenis mentega India. Dalam menurunkan risiko penyakit jantung, menerapkan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga juga merupakan kunci penting.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan pun sangat beragam, seperti berjalan kaki, berenang, dan menari. "(Latihan aerobik apa pun) akan menjaga jantung tetap sehat," ungkap National Health Service.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement