Rabu 03 Aug 2022 00:30 WIB

Mudah Dibuat, Teh Rempah Ini Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Pengidap diabetes perlu menjaga kadar gula darahnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Teh kayu manis. Khasiat teh rempah, yakni teh kayu manis, dibuktikan dalam penelitian yang digagas akademisi dari Inggris dan Portugal.
Foto:

Menurut Diabetes.co.uk, kadar gula darah "normal" adalah antara 4,0 hingga 5,4 milimol per liter (mmol/L) saat berpuasa serta hingga 7,8 mmol/L sekitar dua jam setelah makan. Untuk pengidap diabetes, target kadar gula darah yang terkendali adalah empat sampai tujuh mmol/L sebelum makan.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Angka itu harus di bawah sembilan mmol/L untuk orang dengan diabetes tipe 1, dan di bawah 8,5 mmol/L untuk orang dengan diabetes tipe 2 jika dihitung setelah makan. Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Deretan faktor risiko itu antara lain berusia di atas 40 tahun (atau 25 tahun untuk penduduk Asia Selatan) serta nemiliki kerabat dekat dengan diabetes (seperti orang tua, saudara laki-laki, atau saudara perempuan). Kelebihan berat badan atau obesitas juga termasuk faktor risiko, selain berasal dari Asia, Afrika-Karibia, atau Afrika-Amerika, dikutip dari laman Express, Selasa (2/8/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement