Rabu 20 Jul 2022 15:30 WIB

Virus Marburg Sudah Jadi Wabah di Ghana, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Virus Marburg merupakan penyakit yang mirip dengan Ebola langka.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Virus Marburg merupakan penyakit yang mirip dengan Ebola langka.
Foto:

Bagaimana cara penularannya?

Marburg ditularkan ke manusia dari kelelawar buah. Meskipun CDC mengatakan tidak jelas bagaimana virus pertama kali menyebar dari hewan inangnya ke manusia. Itu menyebar di antara manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi. Itu termasuk darah, air liur, atau urin. 

Penyakit dapat ditularkan melalui permukaan atau bahan yang terkontaminasi dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi. Menurut CDC, virus juga dapat menyebar dengan air mani dari seorang pria yang telah pulih dari Marburg.

Virus dapat tetap berada dalam cairan tubuh tertentu dari pasien yang telah pulih, bahkan jika mereka tidak lagi memiliki gejala penyakit parah. Saat ini tidak ada bukti bahwa virus Marburg dapat menyebar melalui hubungan seks atau kontak lain dengan cairan vagina.

 

Bagaimana pengobatannya?

Saat ini tidak ada vaksin atau perawatan antivirus yang disetujui untuk virus Marburg. Namun, CDC mengatakan pengobatan gejala tertentu dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

Untuk mengurangi penyebaran virus, Layanan Kesehatan Ghana mendesak masyarakat untuk menghindari tambang dan gua yang ditempati kelelawar buah dan memasak produk daging dengan benar sebelum dikonsumsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement