Selasa 19 Jul 2022 00:30 WIB

Tiga Perempat Pasien Kanker Miliki Kesamaan, Kekurangan Vitamin Apa?

Ada kesamaan yang dialami tiga perempat pasien kanker soal defisiensi vitamin.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin D (Ilustrasi). Orang-orang dengan (kadar vitamin D) di bawah 24 ng/mL memiliki kemungkinan hampir tiga kali lipat lebih besar untuk mengidap kanker stadium III dibandingkan orang-orang dengan kadar vitamin D lebih tinggi.
Foto:

Berkaitan dengan ini, Cancer Research UK mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen vitamin D bisa berguna untuk mencegah beberapa masalah kesehatan. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat menekan risiko kanker.

Defisiensi vitamin D bisa memunculkan beberapa gejala. Sebagian di antaranya adalah lemah otot, nyeri, lelah, dan depresi.

Kondisi defisiensi vitamin D bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan mendapatkan paparan sinar matahari. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D adalah ikan berlemak, susu, dan sereal terfortifikasi.

Suplemen vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D pada orang-orang yang tinggal di wilayah minim paparan sinar matahari. Akan tetapi, suplementasi vitamin D harus dilakukan berdasarkan saran dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement