Senin 18 Jul 2022 09:52 WIB

Waspada, Rasa Sakit yang Sulit Dijelaskan Termasuk Indikator Awal Kanker

Ada pertumbuhan sel tak terkendali, penderita kanker bisa rasakan nyeri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Dustin Hoffman merupakan penyintas kanker tenggorokan. Rasa sakit atau nyeri saat menelan dapat menjadi pertanda awal kanker tenggorokan.
Foto:

Ingat, rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan hanyalah salah satu gejala yang bisa mengindikasikan kanker. Setiap jenis kanker terkait dengan berbagai gejala individual yang dapat membunyikan alarm.

Penderita kanker usus, misalnya, juga bisa mengalami kelelahan yang ekstrem, perubahan kebiasaan buang air besar, darah dalam tinja, dan banyak lagi. Sementara itu, penderita kanker tenggorokan akan batuk atau melihat perubahan pada suaranya.

Jika Anda berjuang dengan masalah kesehatan apa pun, dokter akan membantu menegakkan diagnosis yang benar dan mungkin bukan kanker. Ada juga kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan beberapa jenis rasa sakit sehingga menderita tanda ini tidak selalu berarti Anda menderita kanker.

Jika ingin mengurangi risiko diagnosis yang ditakuti, Abdeh merekomendasikan untuk mengikuti diet seimbang. Perbanyak asupan buah dan sayuran segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement