Rabu 15 Jun 2022 17:46 WIB

Pertolongan Pertama Bagi Orang yang Kolaps Akibat Serangan Jantung

Kolaps bisa terjadi akibat serangan jantung, misalnya saat sedang berolahraga.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri dada akibat serangan jantung (Ilustrasi). Ketika ada orang yang kolaps akibat serangan jantung, berikan pertolongan pertama.
Foto:

Sementara untuk kompresi napas, dr Denio menilai, itu cenderung lebih sulit dilakukan saat sekarang. Karena tak semua orang mau melakukan kompresi napas kepada orang yang tak dikenal. Namun, jika memang korban adalah orang yang dikenali, Anda bisa membuka jalur napas dan memberikan bantuan napas.

"Sebagai pertolongan pertama, itu harus terus dilakukan sampai bisa, sambil menunggu pertolongan dari tim medis," kata dr Denio.

Serangan jantung merupakan salah satu bagian dari penyakit jantung koroner (PJK), penyebab sepertiga kematian pada usia lebih dari 35 tahun. Gejala serangan jantung ada banyak, termasuk rasa tidak nyaman di dada, atau di lengan dan bahu seperti ditekan, diremas, penuh, atau nyeri yang bisa bertahan beberapa menit atau bisa hilang timbul. Lalu nyeri di rahang, leher atau punggung.

"Gejala lainnya adalah sesak napas, keringat dingin, mual, muntah, kepala terasa ringan, dan pingsan. Jadi jika Anda merasakan gejala ini dan ragu dengan sakit yang diderita, segeralah periksakan ke dokter," kata dr Denio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement