Selasa 14 Jun 2022 18:30 WIB

Cara Bedakan Mual Akibat Serangan Jantung dengan Gejala Penyakit Lain

Penderita serangan jantung dapat merasakan mual sebagai gejalanya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri dada akibat serangan jantung. Selain nyeri dada, penderita serangan jantung juga bisa merasakan mual, muntah, keringat dingin, sakit kepala, dan pingsan.
Foto:

Dr Denio menyerukan agar tak pernah menyepelekan gejala serangan jantung. Karena, menurut dia, banyak orang yang acuh tak acuh dengan gejala yang dirasakan, namun tiba-tiba kolaps saat berolah raga atau beraktivitas.

"Misalnya ngerasa masuk angin doang, terus pas olahraga tiba-tiba kolaps, kan nggak menyenangkan. Kalian juga tahulah banyak beredar di media sosial, yang main bulu tangkis tiba-tiba kolaps. Jadi jangan anggap enteng," kata dr Denio.

Untuk prosedur pemeriksaannya, pasien akan terlebih dahulu melalui tanya-jawab dengan dokter untuk menentukan gejala. Selanjutnya, pasien menjalani pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) yang mengukur dan merekam aktivitas listrik di jantung serta pemeriksaan enzim jantung.

Pemeriksaan bisa berlangsung paralel. Apabila menunjukkan tanda serangan jantung, proses kateterisasi jantung bisa dilakukan untuk mengonfirmasi adanya penyempitan.

"Setelah diperiksa ternyata bener serangan jantung, mending diperiksakan dibanding kita terlambat dan serangan jantung itu betul terjadi," kata dr Denio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement