Sabtu 09 Apr 2022 00:20 WIB

Rasa Haus Terus-menerus Bisa Menjadi Gejala Penyakit Mematikan

Rasa haus yang terus-menerus dapat menjadi gejala penyakit mematikan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria minum air putih. Jika Anda tidak dapat memuaskan dahaga akhir-akhir ini, ada baiknya konsultasikan hal ini kepada dokter. Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit mematikan.
Foto:

Gejala lain dari kanker kolorektal ialah mual, sembelit, kebingungan, lekas marah, dan kelelahan. Menurut data Kementerian Kesehatan, kanker kolorektal adalah salah satu kanker tertinggi kedua pada pria Indonesia.

Lima gejala utama orang yang didiagnosis dengan kanker kolorektal adalah darah dalam tinja, perubahan kebiasaan buang air besar, nyeri di perut, penurunan berat badan, dan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan. Mengetahui gejala utama dan mengunjungi dokter jika mengalaminya atau jika merasa ada yang tidak beres dapat membantu meningkatkan kemungkinan diagnosis dini.

"Sebagai dokter umum dan seseorang yang menderita kanker usus, saya benar-benar mengerti bahwa mengunjungi dokter umum ketika mengalami gejala dapat menjadi pengalaman menakutkan," ujar dr Philippa Kaye, penulis dan pasien kanker usus, seperti dilansir laman The Sun, Jumat (8/4/2022).

Meski begitu, dr Kaye mengingatkan bahwa sangat penting untuk memeriksakan diri sedini mungkin. Ia menyebut, dokter umum terbiasa melihat banyak orang dengan masalah usus hingga dapat mengenali kondisi pasiennya.

"Jika Anda khawatir ada yang tidak beres, periksakanlah. Diagnosis dini dapat menyelamatkan hidup Anda," tutur dr Kaye.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement