Selasa 29 Mar 2022 20:56 WIB

Tanda Penyakit Mematikan Bisa Muncul di Kuku, Dokter: Jangan Diabaikan!

Perubahan pada permukaan kuku, misalnya ada garis hitam, sebaiknya tidak diabaikan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kuku (ilustrasi). Seorang pengguna TikTok mengira kemunculan garis hitam di kukunya adalah hal yang unik, namun ternyata itu gejala kanker.
Foto:

Berdasarkan keterangan di WedMD, melanonychia secara alami dapat terjadi pada ras Afrika-Amerika, Hispanik, atau warga India dan Jepang. Kondisi itu terjadi ketika pigmen di kuku yang bernama melanosit membuat pigmen berlebih.

Melanonychia membentang dari dasar kuku ke ujung kuku, dan mungkin menjadi lebih tebal seiring bertambahnya usia. Bagaimanapun, Karan menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada perubahan ukuran, warna, atau bentuk kuku.

Kuku yang menjadi lebih besar dan melengkung di sekitar ujung jari bisa saja merupakan tanda kanker paru-paru. Itu juga menjadi tanda adanya kekurangan oksigen dalam tubuh, akibat dari abses paru-paru atau penyakit jantung saat lahir.

Kondisi lainnya yakni tonjolan horizontal di kuku yang disebut garis Beau, mengindikasikan masalah ginjal, masalah tiroid, atau gondok. Sementara, kuku yang tampak kuning atau hijau dapat diwaspadai sebagai infeksi jamur atau tanda awal diabetes (apabila terus-menerus), dikutip dari laman The Sun, Selasa (29/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement