Rabu 16 Mar 2022 22:02 WIB

Putuskan Berhenti Merokok, Keith Richards: Paru-Paru Saya Lebih Bersih

Keith Richards putuskan berhenti merokok sejak dua tahun lalu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Keith Richards putuskan berhenti merokok sejak dua tahun lalu.
Foto: www.wikimedia.com
Keith Richards putuskan berhenti merokok sejak dua tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anggota grup The Rolling Stones, Keith Richards, perlahan-lahan terus menjauhi berbagai gaya hidup buruk yang sudah dijalaninya selama bertahun-tahun. Saat ini, musisi legendaris itu mengatakan, serius untuk berhenti merokok.

Gitaris Rolling Stones yang kini berusia 78 tahun itu, mengatakan dalam sebuah wawancara terbaru dengan CBS Sunday Morning bahwa ia sudah merokok selama 55 tahun. Richards memutuskan berhenti merokok sejak dua tahun lalu. 

Baca Juga

“Lucu, aku tidak terlalu memikirkannya lagi. Kadang-kadang, di dalam hati berkata, 'Hei sobat, cukup'. Saya hanya mengikutinya,” ujar dia, dilansir dari People, Rabu (16/3/2022).

Ia mengaku benar-benar tidak merokok sejak memutuskan untuk berhenti, dan itu membuatnya merasa lebih baik. Kemudian, saat ia berlatih untuk turnya Agustus lalu, ia menyadari paru-parunya 10 kali lebih banyak terisi oksigen.

“Saya merasa memiliki lebih banyak udara di paru-paru, lebih bersih, dan suara saya terdengar lebih banyak stamina,” tutur dia. 

Richards telah lama dikenal dengan gaya hidup rock n' rollnya. Bahkan, ia pernah terkenal karena mengklaim menghirup abu ayahnya sendiri yang dicampur dengan kokain.

Bintang Inggris itu menghentikan kebiasaan memakai heroin pada 1978 dan berhenti menggunakan kokain pada 2006. Dia mengatakan kepada Rolling Stone pada 2018 bahwa dia juga berhenti minum alkohol sekitar setahun sebelumnya, kecuali sesekali menyesap segelas anggur atau bir.

Seperti diketahui, The Rolling Stones akan mengadakan tur ulang tahun ke-60 di Eropa pada musim panas ini. Steve Jordan diketahui menggantikan mendiang Charlie Watts sebagai penabuh drum.

Dia juga mengatakan bahwa dia dan sang vokalis, Mick Jagger, telah mengerjakan musik baru. Baru-baru ini mereka membuat delapan atau sembilan materi baru, sebuah angka yang dia sebut luar biasa menurut standar mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement