Rabu 02 Mar 2022 01:45 WIB

Kondisi Darurat Diabetes Harus Cepat Dikenali, Apa Saja Gejalanya?

Diabetesi berisiko mengalami kondisi darurat diabetes.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan kadar gula dalam darah. Pengidap kencing manis harus mewaspadai kondisi darurat diabetes.
Foto:

Ini menjelaskan jumlah gula dalam darah dikendalikan oleh hormon yang disebut insulin. Hormo ini diproduksi oleh pankreas.

"Ketika makanan dicerna dan memasuki aliran darah, insulin memindahkan glukosa dari darah dan masuk ke dalam sel, di mana ia dipecah untuk menghasilkan energi," papar NHS.

Bagi pengidap diabetes, tubuh tidak dapat memecah glukosa menjadi energi. Ini karena insulin tidak cukup untuk memindahkan glukosa atau insulin yang diproduksi tidak bekerja dengan baik.

"Sangat penting bagi diabetesi untuk didiagnosis sesegera mungkin karena kondisinya akan semakin memburuk jika tidak diobati," kata NHS.

Bagi banyak orang yang mengidap diabetes, Mayo Clinic umumnya merekomendasikan target kadar gula darah sebelum makan, sebagai berikut:

- Antara 80 hingga 120 mg/dL (4,4 dan 6,7 mmol/L) untuk orang berusia 59 tahun ke bawah yang tidak memiliki kondisi medis lain yang mendasarinya.

- Antara 100 hingga 140 mg/dL (5,6 dan 7,8 mmol/L) untuk orang berusia 60 tahun ke atas, mereka yang memiliki kondisi medis lain, seperti penyakit jantung, paru-paru, atau ginjal, maupun mereka yang memiliki riwayat gula darah rendah (hipoglikemia) atau yang mengalami kesulitan mengenali gejala hipoglikemia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement