Rabu 23 Feb 2022 14:37 WIB

Jika Merasakan Ini pada Tangan, Segera Lakukan Tes Diabetes

Tidak banyak orang yang menyadari kesehatan tangan terkait dengan diabetes.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Tidak banyak orang yang menyadari kesehatan tangan terkait dengan diabetes.
Foto: www.piqsels.com
Tidak banyak orang yang menyadari kesehatan tangan terkait dengan diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak hanya berhubungan dengan kesehatan kaki, diabetes juga terkait dengan kesehatan tangan. Namun, tidak banyak orang yang menyadari hubungan antara diabetes dan tangan.

Para ahli mengatakan, secara khusus, ada satu gejala yang menyebabkan kram, nyeri, dan ketidakmampuan untuk menggenggam. Tanda ini mungkin bisa menjadi pertanda sakit diabetes.

Baca Juga

Trigger finger (TF) atau juga dikenal sebagai stenosing tenosinovitis, terjadi ketika tendon fleksor di tangan terhalang karena peradangan pada selubung tendon. Dalam kasus yang parah, ini menyebabkan fenomena penguncian di mana jari menjadi bengkok dan hanya dapat diperpanjang dengan kekuatan atau manipulasi eksternal.

Untuk beberapa pasien, ini bisa menyakitkan untuk dilakukan. Sementara hanya dua hingga tiga persen dari populasi umum akan mengembangkan TF, kondisi tersebut mempengaruhi 10 persen orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2, kata sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Current Review in Musculoskeletal Medicine (CRMM).

Menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan di Frontiers in Clinical Diabetes & Healthcare (FCDH), beberapa bukti menunjukkan bahwa jumlahnya bisa mendekati 20 persen, tergantung pada kelompok yang dipelajari. Tapi apa sebenarnya hubungan diabetes dengan tendon di tangan?

"Diperkirakan bahwa kadar glukosa darah yang meningkat secara kronis menyebabkan jaringan ikat menjadi terglikasi, yang berarti bahwa ikatan ireversibel antara glukosa dan protein terbentuk di jaringan, merusaknya," jelas situs kesehatan Diabetes Self-Management seperti dilansir dari laman Best Life, Rabu (23/2/2022).

Untuk alasan ini, semakin lama Anda hidup dengan diabetes, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan gejala ini. Menurut Mayo Clinic, Anda mungkin mengalami trigger finger jika merasakan kekakuan pada jari-jari Anda, terutama di pagi hari.

Situs mereka menjelaskan Anda mungkin juga mengalami sensasi letupan atau klik saat Anda menggerakkan jari. Nyeri tekan pada telapak tangan di dekat jari yang terkena, penguncian jari dalam posisi bengkok, atau gerakan kaku di mana jari Anda tiba-tiba muncul lurus.

TF dapat memengaruhi satu atau beberapa jari dan jari mana pun dapat mengalami kondisi tersebut, termasuk ibu jari. 

"Trigger finger pada penderita diabetes juga lebih mungkin muncul di kedua tangan dan di beberapa jari," tulis Merivale Hand Clinic, sekelompok spesialis terapi tangan yang berbasis di Selandia Baru.

Terlepas dari tingkat keparahan kondisi Anda, penting untuk menyebutkan kelainan apa pun kepada penyedia medis Anda. 

"Jika Anda mengalami kekakuan, rasa sakit, mati rasa atau nyeri pada sendi jari, atau jika Anda tidak dapat meluruskan atau menekuk jari, buatlah janji dengan dokter Anda," saran Mayo Clinic.

Memiliki diabetes secara signifikan dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan TF. Namun, faktor lain seperti usia dan jenis kelamin Anda juga dapat meningkatkan peluang Anda mengalami gejala khusus ini.

Jika Anda mengembangkan TF, Anda harus membawanya ke dokter perhatian Anda, baik untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya dan untuk mempelajari tentang berbagai pilihan pengobatan yang mungkin tersedia untuk Anda. Menurut studi CRMM, wanita enam kali lebih mungkin mengembangkan TF daripada rekan pria mereka. 

"Selain itu, gejala trigger finger biasanya muncul pada pasien berusia 40-an, 50-an, dan 60-an, kata para ahli. Usia rata-rata timbulnya gejala adalah 58," jelas sebuah studi tahun 2019 dalam jurnal PRS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement