Selasa 22 Feb 2022 06:30 WIB

Cegah Diabetes, 5 Cara Mudah Ini Bisa Bantu Kontrol Gula Darah

Mencegah diabetes dimulai dengan mengontrol kadar gula darah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tes kadar gula darah. Ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan untuk mencegah diabetes.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Tes kadar gula darah. Ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan untuk mencegah diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar gula darah yang kerap mengalami fluktuasi bisa mempengaruhi energi dan risiko seseorang terhadap diabetes. Sementara itu, bagi pengidap diabetes, kadar gula darah yang tidak terkontrol bisa meningkatkan risiko kerusakan saraf dan organ.

Oleh karena itu, kadar gula darah perlu dijaga agar selalu terkontrol dengan baik. Berkaitan dengan hal ini, ahli endokrinologi Gregory Dodell MD dari Central Park Endocrinology mengungkapkan lima cara mudah untuk mengontrol kadar gula darah. Berikut ini adalah kelima cara tersebut, seperti dilansir Men's Health, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga

1. Kelola stres

Kadar gula darah tak hanya dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Faktanya, ada lebih dari 40 hal yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Salah satu di antaranya adalah stres.

"Mengontrol stres adalah komponen yang besar dalam mengelola kadar gula darah," jelas Dr Dodell.

2. Jaga berat badan

Dalam hal menjaga berat badan, Dr Dodell tidak menganjurkan orang-orang untuk sering memeriksa berat badan mereka. Hal yang jauh lebih membantu adalah perubahan perilaku. Dr Dodell mengatakan perubahan perilaku ini bisa dimulai dengan membangun kebiasaan sehat, seperti berjalan kaki setiap hari atau memperbanyak konsumsi sayur.

3. Dengarkan tubuh

Suatu makanan bisa memberikan dampak yang berbeda pada kadar gula darah setiap orang. Ada yang tidak mengalami masalah, namun ada yang mengalami lonjakan kadar gula darah ketika makan suatu makanan yang sama.

Dr Dodell menganjurkan agar setiap orang memperhatikan hal ini. Dengan begitu, orang-orang bisa membatasi makanan yang mungkin membuat kadar gula darah mereka melonjak lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement