Kamis 10 Feb 2022 01:42 WIB

Mungkinkah Orang Dua Kali Terkena Cacar Air?

Orang bisa terkena cacar air saat masih kecil maupun dewasa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Plester ditempelkan ke lengan anak setelah penyuntikan vaksin varisela. Vaksin ini dapat mencegah cacar air.
Foto:

Kena cacar saat dewasa

Apa yang terjadi jika terkena cacar air saat dewasa? Cacar air biasanya merupakan penyakit ringan pada anak-anak.

Akan tetapi, tertular cacar air saat remaja atau dewasa dapat meninggalkan masalah serius. Salah satu risikonya adalah ruam dapat terinfeksi hingga dapat menunda proses penyembuhan dan meninggalkan bekas.

Komplikasi lain yang sering terjadi adalah peradangan jaringan paru-paru yang dikenal sebagai pneumonitis, kondisi yang sangat rentan pada perokok. Selain itu, ensefalitis (radang otak) dan pneumonia juga bisa muncul.

Apakah ada vaksin atau pengobatan untuk cacar air? Tentu saja. Vaksinnya diberikan dalam bentuk suntikan di lengan dalam dua dosis terpisah dengan jarak beberapa pekan.

Anak-anak yang sedang terkena cacar air disarankan untuk tetap tinggal di rumah karena penyakitnya sangat menular. Orang tua dapat memberi parasetamol untuk meredakan demam dan gatal-gatal.

Jangan berikan ibuprofen karena dapat membuat anak yang terinfeksi menjadi sangat sakit. Perawatan lain yang bisa diberikan ialah losion kalamin dan gel pendingin untuk meredakan gatal pada kulit serta minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Bisakah cacar air menyebabkan herpes zoster? Cacar air dan herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama.

Pada beberapa orang yang pernah menderita cacar air, virusnya dapat aktif kembali di kemudian hari dan menyebabkan herpes zoster. Selain demam dan sakit kepala, penyakit ini menyebabkan ruam yang berkembang menjadi lepuh gatal, seperti cacar air dan biasanya berlangsung sekitar dua hingga empat pekan.

Herpes zoster tidak menular. Akan tetapi, Anda dapat tertular cacar air dari seseorang yang menderita herpes zoster, jika Anda belum pernah menderita cacar air sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement