Rabu 02 Feb 2022 13:57 WIB

Terdengar Mustahil, Tetapi Tujuh Makanan Ini Bantu Bakar Lemak

Ada senyawa di dalam makanan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ada senyawa di dalam makanan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme.
Foto: Pikrepo
Ada senyawa di dalam makanan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adakah makanan yang bisa membantu bakar lemak? Kedengarannya seperti mustahil, tetapi faktanya memang ada. 

Ada nutrisi dan senyawa yang ditemukan dalam beberapa makanan yang membantu meningkatkan metabolisme, menggunakan energi untuk mencerna, membakar lemak, dan membangun otot. Dengan menggabungkan makanan-makanan itu dibarengi dengan olahraga teratur dan gaya hidup sehat, maka akan membantu menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan lebih cepat. Lalu tidak perlu lagi menjalani diet yang ketat dan membosankan.

Baca Juga

Banyak makanan yang bisa membantu bakar lemak, rasanya enak, bisa dimasak dengan berbagai cara, dan bisa dimakan sebagai camilan atau bagian dari makanan utama. Ini tujuh di antara makanan tersebut, dilansir dari Activebeat, Rabu (2/2/2022).

 

1. Alpukat

Banyak orang berpikir alpukat buruk untuk tubuh karena mengandung lemak yang tinggi. Tetapi kenyataannya, alpukat terdiri dari lemak baik, dan dapat membantu tubuh mematikan hormon penyimpanan lemak. Lemak tak jenuh tunggal yang sehat dalam alpukat mematikan rasa lapar, tetapi tetap memberi banyak protein dan serat untuk membuat kenyang dan memberi energi yang dibutuhkan.

Ini adalah kombinasi sempurna. Tubuh mendapatkan bahan bakar yang diperlukan untuk membangun otot, dan lemak mudah terbakar selama berolahraga. Alpukat juga salah satu karbohidrat yang mendorong dan meningkatkan penyerapan kalsium, bagian integral dari cara menyingkirkan lemak yang tidak diinginkan.

 

2. Paprika Pedas

Jika hobi memakan makanan pedas, maka itu menjadi salah satu cara membakar lemak. Paprika pedas, khususnya jalapeos dan cabai, mengandung komponen capsaicin. Capsaicin ini memanaskan tubuh, dan sebagai hasilnya, akan membakar lebih banyak kalori.

Paprika pedas juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan, membuat perut merasa kenyang lebih lama. Lalu diyakini juga bahwa paprika pedas dapat meningkatkan tingkat istirahat metabolisme tubuh, semakin tinggi tingkatnya, semakin banyak yang akan terbakar saat beristirahat.

 

3. Kedelai

Beberapa orang menganggap manfaat kedelai masih kontroversial, ada cukup banyak penelitian dan ahli yang terbukti percaya pada hasil mereka. Kedelai dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan melalui lesitin (komponen yang membangun otot serta protein lainnya), dan diyakini dapat memecah lemak dan mencegah timbunan lemak.

Kedelai juga mengenyangkan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Selain berpotensi menurunkan lemak, kedelai juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

 

4. Salmon

Salmon selalu masuk ke daftar makanan kesehatan dan dengan alasan yang bagus. Salmon rendah lemak jenuh, tetapi penuh dengan antioksidan dan lemak omega-3. Salmon juga membantu memulai pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak, kombinasi kuat yang menghancurkan lemak dan akan membantu menurunkan berat badan.

Salmon juga merupakan sumber protein yang baik, nutrisi penting yang membantu membangun otot. Semua nutrisi dalam salmon, tubuh akan mendapatkan lebih banyak dari apa yang dibutuhkan tubuh, dengan kalori yang jauh lebih sedikit daripada daging lain yang serupa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement