Sabtu 29 Jan 2022 22:28 WIB

Dua Tahun Terus Diubah, Ini Panduan Terbaru CDC Soal Masker

CDC mengubah pedomannya terkait masker sebagai pelindung dari Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
CDC mengubah pedomannya terkait masker sebagai pelindung dari Covid-19.
Foto:

Apa perbedaan antara bahan N95, bedah, dan masker kain?

Efektivitas masker adalah kombinasi dari dua elemen utama. Pertama, ada kemampuan material untuk menangkap partikel. Faktor kedua adalah fraksi udara yang dihirup atau dihembuskan keluar dari sekitar masker (seberapa pas masker). Sebagian besar bahan masker dapat dianggap sebagai jaring kusut dari serat-serat kecil. Partikel yang melewati masker dihentikan ketika mereka secara fisik menyentuh salah satu serat tersebut.

N95, KN95, dan masker bedah dibuat khusus agar efektif menghilangkan partikel dari udara. Seratnya biasanya terbuat dari plastik yang meleleh, seringkali polipropilen, dan untaiannya kecil (seringkali berdiameter kurang dari empat per seribu inci (10 mikrometer)) atau kira-kira sepertiga lebar rambut manusia. 

Serat kecil ini menciptakan sejumlah besar area permukaan di dalam masker untuk menyaring dan mengumpulkan partikel. Meskipun konstruksi spesifik dan ketebalan bahan yang digunakan dalam N95, KN95 dan masker bedah dapat bervariasi, media filter yang digunakan seringkali sangat mirip. Serat-serat ini sangat rapat sehingga celah yang harus dilalui partikel sangat kecil. 

Hal ini menyebabkan kemungkinan besar partikel menyentuh dan menempel pada serat saat melewati masker. Bahan polipropilena ini juga sering memiliki muatan statis yang dapat membantu menarik dan menangkap partikel.

Masker kain biasanya terbuat dari bahan tenun umum seperti katun atau poliester. Serat sering kali berukuran besar dan kurang rapat, yang berarti partikel dapat dengan mudah melewati material. Menambahkan lebih banyak lapisan dapat membantu, tetapi menumpuk lapisan memiliki hasil yang semakin berkurang dan kinerja masker kain, bahkan dengan banyak lapisan biasanya masih tidak akan cocok dengan masker bedah atau N95.

Fit adalah komponen utama lainnya dalam seberapa efektif kinerja masker. Bahkan, jika bahan yang digunakan dalam masker sempurna dan menghilangkan semua partikel dari udara yang melewatinya, masker dapat memberikan perlindungan hanya jika tidak bocor. 

Saat Anda bernapas masuk dan keluar, udara akan selalu mengambil jalur yang paling sedikit hambatannya. Jika ada celah antara masker dan wajah seseorang, sebagian besar dari setiap napas akan merembes keluar melalui celah tersebut dan masker akan memberikan perlindungan yang relatif kecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement