Sabtu 29 Jan 2022 22:28 WIB

Dua Tahun Terus Diubah, Ini Panduan Terbaru CDC Soal Masker

CDC mengubah pedomannya terkait masker sebagai pelindung dari Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
CDC mengubah pedomannya terkait masker sebagai pelindung dari Covid-19.
Foto:

Banyak desain masker kain yang tidak tersegel dengan baik. Mereka tidak cukup kaku untuk menekan wajah, ada celah di mana masker bahkan tidak bersentuhan dengan wajah dan tidak mungkin untuk menempelkannya cukup erat pada kulit untuk membentuk segel yang layak.

Namun, kebocoran adalah masalah bagi semua masker. Meskipun bahan-bahan yang digunakan dalam masker bedah cukup efektif, bahan-bahan tersebut seringkali bergerombol dan terlipat di bagian sampingnya. Celah ini menyediakan rute yang mudah bagi udara dan partikel untuk keluar. Merajut dan menyelipkan masker bedah atau mengenakan masker kain di atas masker bedah dapat mengurangi kebocoran secara signifikan.

Masker N95 juga tidak kebal terhadap masalah ini, jika klip hidung tidak terpasang dengan aman ke wajah Anda, berarti maskernya bocor. Yang membuat N95 unik adalah persyaratan khusus dari proses sertifikasi N95 adalah memastikan masker dapat membentuk segel yang baik.

Mekanisme fungsi masker kemungkinan tidak berbeda untuk omicron dibandingkan varian lainnya. Bedanya, varian omicron lebih mudah ditransmisikan dibandingkan varian sebelumnya. Tingkat penularan yang tinggi ini membuat pemakaian masker berkualitas baik dan memakainya dengan benar untuk membatasi kemungkinan tertular atau menyebarkan virus corona menjadi jauh lebih kritis.

Sayangnya, atribut yang membuat masker bagus justru itu yang tidak nyaman dan tidak terlalu bergaya. Jika masker kain nyaman dan ringan serta terasa seperti tidak mengenakan apa-apa, itu mungkin tidak banyak membantu Anda dan orang lain aman dari virus corona. 

Perlindungan yang ditawarkan oleh N95 atau KN95 berkualitas tinggi dan pas adalah yang terbaik. Masker bedah bisa sangat efektif dalam menyaring partikel, tetapi membuatnya pas dengan benar bisa jadi rumit dan membuat perlindungan keseluruhan yang akan mereka berikan kepada Anda dipertanyakan. Jika Anda memiliki pilihan lain, masker kain harus menjadi pilihan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement