Senin 13 May 2024 09:06 WIB

Artis yang Jadi Mualaf Sebelum Nikah, Ada Roger Danuarta Hingga Marcell Darwin

Sejumlah selebritas memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Roger Danuarta (kiri) dan sang istri Cut Meyriska (kanan). Roger menjadi salah satu artis Indonesia yang memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah.
Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Roger Danuarta (kiri) dan sang istri Cut Meyriska (kanan). Roger menjadi salah satu artis Indonesia yang memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah.

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- Penyanyi Mahalini dikabarkan menjadi mualaf sebelum menempuh hidup baru dengan kekasihnya, Rizky Febian. Sebelum Mahalini, sejumlah selebritas Tanah Air juga mengambil langkah serupa sebelum melangkah ke jenjang pernikahan.

Mualaf merupakan sebuah istilah yang merujuk pada Alquran surat at-Taubah ayat 60. Dalam surat tersebut, kata mualaf, memiliki makna sebagai orang yang dilunakkan hatinya.

Baca Juga

Ada beragam alasan yang dapat mendorong seseorang untuk menjadi mualaf. Di Indonesia, ada sederet selebritas yang memilih untuk memeluk Islam dan menjadi mualaf sebelum menikahi pasangan mereka. Berikut ini adalah lima selebritas di antaranya:

1. Roger Danuarta

 

Aktor Roger Danuarta memeluk agama Islam pada Oktober 2018. Meski menjadi mualaf sebelum menikah, Roger mengaku bahwa keputusannya menjadi mualaf bukan semata karena ingin menikahi istrinya, Cut Meyriska. Melalui kanal YouTube Ussy Andhika Official, Roger menyatakan bahwa keputusannya menjadi mualaf merupakan keputusan pribadinya.

2. Larissa Chou

Figur publik keturunan Tionghoa, Larissa Chou, memutuskan menjadi mualaf sebelum menikai putra dari pendakwah Ustadz Arifin Ilham, yaitu Alvin Faiz, pada 2015. Meski pernikahan Larissa dan Alvin berakhir pada 2021, Larissa tetap memegang teguh keyakinannya sebagai seorang Muslim yang taat hingga saat ini.

3. Dewi Sandra

Aktris Dewi Sandra Killick atau lebih dikenal sebagai Dewi Sandra memutuskan untuk menjadi mualaf pada 2000 saat akan menikah dengan suami pertamanya, Surya Saputra. Namun setelah empat tahun, pernikahan tersebut kandas pada 2005.

Perjalanan Dewi sebagai mualaf sempat menghadapi lika-liku. Lalu pada 2009, Dewi kembali memutuskan untuk memeluk Islam. Kini, Dewi dikenal sebagai salah satu selebritas Tanah Air yang teguh berhijab.

4. Marcell Darwin

Aktor Marcell Darwin memutuskan untuk menjadi mualaf sebelum menikah dengan istrinya pada 2020. Melalui kanal Youtube The Darwins, Marcell menyatakan bahwa dia juga secara aktif mencari tahu tentang Islam sebelum resmi menjadi mualaf.

Setelah menjadi mualaf pun, Marcell tak pernah henti untuk mempelajari agama Islam, termasuk mempelajari tata cara sholat. Sang istri, Nabila Faisal, turut mendukung proses pembelajaran Marcell. Marcell juga sempat menuai pujian dari warganet setelah videonya yang sedang mengajari sang anak sholat beredar di media sosial.

5. Marsha Timothy

Aktris Marsha Timothy resmi memeluk Islam sebelum menikah dengan Vino G Bastian pada 20 Oktober 2012. Marsha mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Agung Sunda Kelapa pada bulan sebelumnya yaitu September 2012. Marsha sempat menegaskan bahwa keputusannya menjadi mualaf bukan semata karena ingin menikah, melainkan karena urusan pribadinya dengan Tuhan.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement