REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang Lebaran, tren belanja fashion mengalami peningkatan yang signifikan. Menurut survei YouGov, 79 persen responden akan mengalokasikan dana THR-nya pada tahun ini untuk membeli pakaian baru. Namun di tengah euforia belanja, isu keberlanjutan dan kepedulian sosial juga menjadi sorotan.
Menjawab tantangan ini, House of Amartha menghadirkan bazar fashion berkonsep unik yaitu “Love Second Change”. Berlangsung di Chillax Sudirman pada 17 hingga 23 Maret 2025, bazar ini tidak hanya menawarkan produk fashion preloved dan brand lokal, namun juga juga mengajak pengunjung untuk berdonasi.
Inisiator acara, Thariq Halilintar, mengatakan acara ini berbeda dengan bazar lainnya karena didukung oleh 15 figur publik. Mereka di antaranya Rizky Febian, Mahalini, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Vidi Aldiano, Syifa Hadju, Jeje, Syahnaz, Azizah Salsha, dan lainnya.
"Event ini berbeda dari bazaar biasa. Ada preloved, brand lokal, hingga lelang barang influencer. Jadi, pengunjung tidak hanya belanja, tapi juga berdonasi. 'Love Second Chance' sendiri bermakna memberikan kesempatan kedua bagi sesuatu yang tak terpakai menjadi berkah bagi mereka yang membutuhkan," kata Thariq saat diwawancarai dalam opening “Love Second Change” pada Senin (17/3/2025).
Menurut dia, para selebritas ini akan melelang barang-barang memorable mereka, dan 100 persen hasil penjualan akan didonasikan untuk para penyintas bencana di Indonesia. Selain itu, pengunjung dapat menemukan produk preloved dari influencer serta brand lokal terbaik di industri fashion dan F&B dengan kualitas yang unik dan orisinal.
Pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam Donasi Produk Layak Pakai. Mereka cukup membawa pakaian, tas, sepatu, atau aksesori yang masih layak pakai untuk dimasukkan ke dropbox yang telah disediakan dan mendapatkan voucher belanja di bazar sebagai apresiasi.
"'Love Second Chance tidak sekadar event belanja, tetapi juga gerakan sosial yang mendukung keberlanjutan fashion dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat," kata Thariq.
"Love Second Chance" juga menjadi wadah pemberdayaan UMKM dengan membuka peluang bagi brand lokal yang memiliki potensi besar dalam industri kreatif. Selain eksposur luas, mereka mendapatkan kesempatan networking dengan influencer dan memperluas pasar mereka.
Bukan hanya tentang fashion, lanjut Thariq, acara ini juga akan menghadirkan aktivitas menarik, seperti Podcast Cahaya Untuk Indonesia bersama Habib Jafar, Risyad Baya'sud, Ustaz Yusuf Al Lampungi, Habib Rafiq Alkaff, dan Ustaz Abey Ghifran.
Lalu ada talkshow mental health untuk membahas pentingnya kesehatan mental di era digital. Ada juga live music performance yang menampilkan musisi papan atas, serta creative activities termasuk workshop fashion dan sustainability talk.