Senin 13 May 2024 12:11 WIB

Kecelakaan Maut yang Terjadi Saat Siswa Study Tour, Nomor 5 Paling Banyak Makan Korban

Sebelum kecelakaan bus Ciater Subang, sebelumnya pernah terjadi tragedi serupa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Mobil derek berusaha mengevakuasi bus yang terlibat kecelakaan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Mobil derek berusaha mengevakuasi bus yang terlibat kecelakaan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecelakaan bus pariwisata di Jalan Raya Kampung Palasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (11/5/2024) petang kini tengah menjadi perhatian. Bus tersebut membawa rombongan pelajar dan guru dari SMK Lingga Kencana Kota Depok.

Mereka mengadakan acara perpisahan di Bandung, kemudian hendak kembali ke Depok melalui Subang. Dalam insiden itu, tercatat 11 orang tewas dan puluhan mengalami luka. Sebelum kecelakaan bus Subang, terdapat pula beberapa kasus kecelakaan bus karyawisata pelajar yang pernah terjadi. Berikut rangkumannya:

Baca Juga

1. Bus karyawisata SMAN 1 Sidoarjo

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada 9 Januari 2024, bus karyawisata pelajar yang ditumpangi rombongan siswa SMAN 1 Sidoarjo mengalami kecelakaan di Tol Solo-Ngawi, Jawa Timur. Insiden menewaskan dua orang dan menyebabkan tiga orang luka-luka.

Bus tertabrak oleh sebuah truk yang mengalami pecah ban dan terguling. Kecelakaan itu terjadi setelah para siswa usai melakukan kunjungan selama tiga hari ke dua kampus di Yogyakarta, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Seni Indonesia (ISI).

2. Kecelakaan Bus SMPN 1 Sentolo

Pada 21 Desember 2023, bus yang membawa rombongan siswa dan guru SMPN 1 Sentolo, Kulon Progo, mengalami kecelakaan di jalan tol Solo-Ngawi wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Rombongan itu dalam perjalanan pulang usai kegiatan karyawisata di Bali. 

Bus tersebut menabrak truk, namun tidak ada korban tewas yang dilaporkan. Kecelakaan menyebabkan tujuh orang mengalami luka ringan dan luka sedang. Korban luka termasuk dua awak bus, dua pendamping siswa, dan tiga siswa SMPN 1 Sentolo.

3. Bus karyawisata SMPN 3 Mojosongo

Insiden kecelakaan lain menimpa rombongan karyawisata SMPN 3 Mojosongo, Kabupaten Boyolali, pada 18 Oktober 2023. Salah satu bus rombongan mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Trans Jawa di Desa Banaranwetan, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. 

Diketahui bahwa rombongan sekolah itu hendak kembali ke Boyolali usai melakukan study tour ke Bali, lantas bus menabrak truk. Sebanyak enam siswa dan satu guru yang mengalami luka ringan, sementara satu kernet bus dilaporkan tewas dan sopir alami luka parah.

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement