Jumat 24 Dec 2021 05:45 WIB

Ini Ciri Terinfeksi Omicron, Gejala Muncul Lebih Cepat

Gejala seseorang terinfeksi Omicron umumnya muncul tiga hari setelah terpapar.

Gejala seseorang terinfeksi Omicron umumnya muncul tiga hari setelah terpapar (Foto: ilustrasi)
Foto:

Omicron mungkin memiliki beberapa gejala yang sedikit berbeda dari varian lainnya. Data awal dari penelitian Afrika Selatan yang dilakukan Discovery Health menganalisis lebih dari 211.000 pasien positif Covid-19. Itu termasuk sekitar 78.000 yang dipastikan telah terinfeksi varian omicron. 

Hasil temuan bahwa tenggorokan gatal adalah salah satu gejala yang paling sering dilaporkan, Noach bahwa hidung tersumbat, batuk kering, dan nyeri otot atau nyeri di punggung bawah juga sering dilaporkan sebagai tanda-tanda awal varian tersebut.

Tetapi ketika omicron terus melonjak di seluruh dunia, dokter mendapatkan lebih banyak informasi tentang varian dan gejalanya. Di London, di mana para pejabat mengkonfirmasi cabang virus menjadi varian dominan pada 14 Desember, para ahli mengatakan ada laporan tentang gejala serupa tertentu pada pasien.

"Hal-hal seperti demam, batuk, dan kehilangan penciuman sekarang menjadi gejala minoritas yang kita lihat," kata Tim Spector, MB, profesor epidemiologi genetik di King's College London.

Spector menjalankan Zoe, studi gejala Covid terbesar di dunia. Menurut dia, kebanyakan orang tidak memiliki gejala klasik. Zoe juga menambahkan bahwa sebagian besar pasien melaporkan tanda-tanda yang mirip dengan flu biasa, termasuk sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, kelelahan, dan bersin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement