Rabu 08 Dec 2021 08:42 WIB

Tanda Kelebihan Konsumsi Karbohidrat, Jangan Diabaikan

Kelebihan konsumsi karbohidrat bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Kelebihan konsumsi karbohidrat bisa menimbulkan masalah kesehatan (Foto: ilustrasi karbohidrat)
Foto:

4. Susah Tidur

Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi dapat membuat Anda sulit tidur. Secara khusus, jika ini dilakukan di malam hari. 

Dengan memakan karbohidrat, tubuh harus bekerja dan memproses gula. Jadi jika mengkonsumsi camilan sebelum tidur, Anda meminta tubuh bekerja daripada melakukan istirahat. 

5. Lelah Sepanjang Waktu

Jika Anda sering merasa sangat lelah, karbohidrat mungkin berkontribusi pada keadaan lesu itu. Kabut otak dan sakit kepala juga merupakan gejala overdosis karbohidrat.

Saat memilih makanan berbasis karbohidrat, penting untuk memasangkan dengan nutrisi lain seperti protein dan lemak sehat. Otak tergantung pada glukosa untuk energi, tetapi membakarnya dengan cepat jika Anda memilih karbohidrat sederhana atau olahan daripada yang memiliki lebih banyak serat dan biji-bijian.

Makan terlalu banyak karbohidrat dapat meningkatkan gula darah Anda dan kemudian menyebabkan kecelakaan yang membuat Anda merasa lesu, menurut Sanford Health. Untuk menghindari kemerosotan, pastikan untuk memasangkan karbohidrat Anda dengan nutrisi lain.

"Baik protein dan lemak dapat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga Anda dapat merasa berenergi sepanjang hari dan menghindari gula," kata Dewsnap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement