Jumat 12 Nov 2021 06:30 WIB

Jenis Makanan yang Bikin Orang Lapar Sepanjang Waktu

Apa saja jenis makanan yang bikin jadi lapar terus-menerus?

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Sereal sarapan. Pilihan makanan yang dikonsumsi bisa membuat orang merasa lapar terus-menerus.
Foto: Needpix
Sereal sarapan. Pilihan makanan yang dikonsumsi bisa membuat orang merasa lapar terus-menerus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa lapar terus menerus dapat dipicu oleh jenis makanan yang Anda konsumsi. Sereal, sandwich, dan pasta menjadi di antara daftar makanan yang kemungkinan besar menyebabkan hal ini terjadi.

Dilansir The Sun, seorang ahli mengatakan bahwa jenis makanan tersebut menempatkan Anda dalam siklus konstan untuk mengambil makanan ringan sepanjang hari. Ini semua berkaitan dengan kadar gula darah. Fluktuasi kadar gula darah menyebabkan orang makan lebih banyak.

Baca Juga

"Saat Anda makan karbohidrat jenis apapun, seperti nasi, pasta, atau roti, itu akan dipecah menjadi glukosa," ujar Mayur Ranchordas, seorang akademisi nutrisi olahraga dari Sheffield Hallam University di Inggris, dilansir The Sun, Kamis (11/11).

Selanjutnya, kadar insulin akan naik untuk mengontrol kadar glukosa darah. Ranchordas mengatakan bahwa peran insulin adalah mengangkut glukosa ke bagian tubuh seperti jaringan otot. Begitu sel-sel penuh dengan glikogen, sisanya akan diubah menjadi lemak, yang dari waktu ke waktu menjadi jaringan adiposa.

Saat glukosa bergerak ke dalam sel tubuh untuk memberi Anda energi, kadar glukosa dalam aliran darah turun. Dari sana, rasa lapar muncul. Pola ini menjelaskan bahwa insulin dan berat badan berjalan beriringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement