Rabu 17 Nov 2021 16:22 WIB

Penting, Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini

Ayah punya tanggung jawab melindungi, mendidik, dan mengajarkan akhlak pada anaknya.

Ilustrasi ayah dan anak. Ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak.
Foto:

Muridan menjelaskan bahwa ayah berperan penting dalam mendidik dan mengawal perkembangan anak. Ia mengatakan, mendidik anak bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab ibu, tetapi menjadi tugas bersama ayah.

"Mengawal dan mendidik anak sebenarnya bukan hanya dilakukan saat anak telah terlahir ke dunia hingga dewasa, tetapi seharusnya telah dimulai sejak awal, saat anak masih dalam kandungan," katanya.

Muridan mengatakan bahwa mengawal pendidikan anak saat masih dalam kandungan memang lazim dilakukan oleh ibu. Akan tetapi, sebenarnya ayah juga dapat berperan.

"Tidak boleh sosok ayah membiarkan ibu berjuang sendirian, sementara ayah hanya mengambil peran sebagai pencari nafkah," katanya.

Saat kelahiran anak, menurut Muridan, sosok ayah memiliki peran tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Peran tersebut adalah mendidik dan mengawal perkembangan anak.

"Sosok ayah menjadi pelengkap atas apa yang telah dilakukan oleh ibu dan ayah harus dapat menjadi teladan yang baik bagi keluarga, khususnya anak-anak," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement