Senin 15 Nov 2021 06:45 WIB

4 Gejala Kanker Pankreas yang Sering Terabaikan

Kanker pankreas termasuk kanker yang paling mematikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Penderita kanker pankreas menggambarkan nyeri mulai dari perut tengah dan menjalar ke punggung.
Foto:

Jupp mengatakan, dia tak ingin orang-orang menjadi panik bila mengalami beberapa atau semua gejala yang disebutkannya. Sederet gejala tersebut bukan patokan pasti bahwa seseorang pasti terkena kanker pankreas. Akan tetapi, masyarakat perlu mengetahui bahwa gejala-gejala yang dia sebutkan bisa berkaitan dengan kanker pankreas.

"Tetapi sangat penting bagi orang-orang untuk mempelajari lebih banyak mengenai penyakit ini, bicara dengan orang-orang tercinta mengenai ini," ujar Jupp.

Kanker pankreas termasuk kanker yang paling mematikan. Di Inggris misalnya, kanker pankreas merupakan jenis kanker dengan harapan hidup paling rendah. Lebih dari setengah pasien kanker pankreas meninggal dalam kurun waktu tiga bulan setelah terdiagnosis.

Seperti namanya, kanker pankreas merupakan kanker yang mengenai kelenjar besar di dalam tubuh bernama pankreas. Dua fungsi utama pankreas adalah menghasilkan enzim pencernaan di usus untuk membantu proses pemecahan makanan dan melepaskan hormon insulin serta glukagon untuk mengatur kadar gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement