Rabu 10 Nov 2021 19:22 WIB

Buang Ingus Sampai Berdarah, Berbahayakah?

Terkadang, orang menemui ingusnya berdarah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Buang ingus (Ilustrasi). Saat buang ingus terlalu keras, ada kalanya lendir tampak berdarah.
Foto:

Jumlah lendir yang keluar dari hidung juga dapat memberi gambaran tentang kesehatan seseorang. Seseorang mungkin tidak menyadari kekentalan lendir bisa berubah ketika sedang pilek, alergi, atau ada yang iritasi tenggorokan, hidung dan tubuh.

Produksi lendir mendorong keinginan untuk batuk atau bersin. Sebenarnya, adanya darah pada lendir hidung bukanlah masalah besar.

photo
Cara meredakan pilek. - (Republika)

Menurut para ahli di WebMD, jika lendir mengandung darah berwarna kemerahan atau kecokelatan, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Situs medis tersebut menjelaskan, sebagian besar darah dalam lendir berasal dari area tepat di dalam lubang hidung, di mana sebagian besar pembuluh darah di hidung berada.

Jadi, jika ada darah di jaringan tersebut, itu kemungkinan karena hidung dalam kondisi kering atau teriritasi akibat terlalu banyak menggosok atau mengeluarkan ingus terlalu keras. Sedikit darah dalam lendir memang tidak perlu dikhawatirkan. Sebaliknya, jika darah yang muncul cukup banyak atau Anda merasa kondisi semakin tidak nyaman, disarankan segera menghubungi dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement