Sabtu 30 Oct 2021 19:10 WIB

Kanker Payudara, Bisakah Dicegah?

Pemeriksaan payudara sendiri penting dilakukan secara rutin.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
 Hasil mammogram payudara, tes untuk mendeteksi kanker. Pemeriksaan payudara sendiri penting dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker payudara.
Foto:

Pemeriksaan kanker payudara sedini mungkin harus dilakukan oleh semua perempuan mulai berapapun usianya. Sebab, kanker payudara triple negatif dapat terjadi pada perempuan usia muda.

Pemeriksaan sedini mungkin itu diperlukan untuk mengetahui apakah ada kecurigaan dalam Sadari, dan menemukan tanda-tanda abnormalitas dari apa yang ditemukan. Segera langsung ke dokter ahlinya untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap.

"Ada mamografi, USG, dan lain-lain sehingga nanti dipastikan apakah ini memang benar-benar kanker payudara atau tidak," jelas dia.

Diketahui sedini mungkin, angka harapan hidup lima tahun penderita kanker payudara bisa lebih tinggi. Angkanya bisa lebih dari 95 persen. Artinya, risiko kematian akibat kanker payudara dapat dicegah.

Lalu, pencegahan tersier merupakan pencegahan yang dilakukan oleh orang yang sudah dinyatakan menderita kanker payudara agar kondisi tidak berlanjut memburuk. Caranya ialah dengan pengobatan setepat mungkin oleh ahlinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement