Rabu 27 Oct 2021 07:08 WIB

Siapa Saja yang Berisiko Kanker Payudara?

Kenali faktor risiko kanker payudara.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Hasil mammogram payudara, tes untuk mendeteksi kanker. Ada sejumlah faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker payudara.
Foto:

Selain itu, perempuan yang memiliki keputusan untuk memiliki bayi pada usia 35 tahun juga berisiko satu hingga dua kali lebih tinggi terkena kanker payudara. Mereka yang memiliki bayi, namun tidak menyusui secara rutin juga punya tingkat risiko serupa.

"Ada juga punya gaya hidup yang jelek, misalnya suka makan makanan yang berlemak tinggi yang memproduksi estrogen, meningkatkan risiko tinggi terkena kanker payudara. Lalu, pemakaian obat-obat hormonal seperti KB juga berisiko, namun pada jangka panjang," jelas Ami.

Kanker payudara juga bisa muncul pada perempuan yang telah menopause yang mengonsumsi obat-obatan hormonal estrogen tinggi. Kegiatan lain seperti merokok, alkohol, dan obesitas dengan usia lebih dari 50 tahun juga lebih berisiko kanker payudara.

"Karena pada usia itu, kecenderungan untuk membentuk estrogen itu lebih tinggi yang kemudian berisiko menjadi kanker payudara," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement