Jumat 15 Oct 2021 00:21 WIB

Satu Makanan yang Harus Dihindari oleh Pengidap Hipertensi

Pengidap hipertensi perlu menjalani diet untuk mengontrol tekanan darahnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan tekanan darah. Pengidap hipertensi perlu melakukan diet khusus untuk mengendalikan tekanan darahnya.
Foto:

Jumlah penderita hipertensi pada kelompok dewasa berusia 30-79 tahun di dunia mengalami peningkatan dari 650 juta menjadi 1,28 miliar dalam 30 tahun terakhir. Hampir setengah dari penderita hipertensi tersebut tak tahu bahwa mereka mengidap hipertensi.

Data ini ditemukan melalui analisis global komprehensif yang dipimpin oleh Imperial College London dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet ini berlangsung sejak 1990 hingga 2019 dan melibatkan data lebih dari 100 juta orang berusia 30-79 tahun di 184 negara.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Data yang terkumpul dalam studi ini dapat memberikan gambaran mengenai 99 persen dari populasi global. Oleh karena itu, temuan dalam studi ini memberikan ulasan tren hipertensi global terkini yang paling komprehensif.

Hasil studi menunjukkan bahwa Kanada, Peru, dan Swiss merupakan negara dengan prevalensi hipertensi terendah di dunia pada 2019. Prevalensi hipertensi tertinggi pada perempuan di dunia ditemukan pada negara Republik Dominika, Jamaika, serta Paraguay. Sedangkan prevalensi hipertensi tertinggi pada laki-laki di dunia ditemukan di Hungaria, Paraguay, serta Polandia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement