Selasa 16 Apr 2024 22:07 WIB

Enam Penyakit yang Umum Menyerang Selama Musim Liburan

Masa liburan bisa berantakan jika anggota keluarga jatuh sakit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Dikenal sebagai flu perut, penyakit musim liburan ini mengiritasi lambung dan usus, bisa dipicu oleh infeksi virus atau bakteri.
Foto: Republika/Prayogi
Sakit perut (Ilustrasi). Dikenal sebagai flu perut, penyakit musim liburan ini mengiritasi lambung dan usus, bisa dipicu oleh infeksi virus atau bakteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keriaan selama musim liburan juga dibayangi oleh risiko terjadinya sejumlah penyakit. Seseorang mungkin sudah berusaha keras menjaga kesehatan, tapi beberapa penyakit masih bisa menyerang orang dalam rentang usia berapa pun.

Jika sudah terserang penyakit, tentunya akan membuat masa liburan jadi kurang menyenangkan, bahkan momen-momen penting jadi terlewatkan. Berikut beberapa penyakit yang umum terjadi selama musim liburan, dikutip dari laman Health Hub, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga

1. Penyakit hipertensi esensial

Hipertensi esensial adalah tekanan darah tinggi yang tidak disebabkan oleh kondisi medis apa pun. Hipertensi jenis ini sering dikaitkan dengan faktor-faktor seperti obesitas dan riwayat keluarga, termasuk akibat pola makan yang kurang sehat selama pekan liburan.

2. Infeksi saluran pernapasan atas akut

Infeksi saluran pernapasan atas memengaruhi sinus dan tenggorokan. Gejala infeksi saluran pernapasan atas antara lain pilek, sakit tenggorokan, dan batuk. Sebagian besar infeksi dapat hilang dengan sendirinya, namun ada baiknya mengambil tindakan pencegahan.

3. Penyakit gastroenteritis

Dikenal sebagai flu perut, penyakit ini mengiritasi lambung dan usus, bisa dipicu oleh infeksi virus atau bakteri. Gastroenteritis juga dapat menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, makanan atau air yang terkontaminasi, atau tangan yang kotor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement