Rabu 13 Oct 2021 13:26 WIB

5 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Suplemen Vitamin C (ilustrasi)
Foto:

 

Anemia

Memasukkan Vitamin C dalam diet Anda sangat penting.  Terlepas dari manfaat lain, vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk mencegah penyakit seperti anemia, yang merupakan hasil dari penurunan jumlah atau kualitas sel darah merah dalam tubuh Anda.  Gejala mungkin termasuk kelelahan, pucat, sesak napas, pusing, penurunan berat badan dan banyak lagi.

Gusi berdarah

Vitamin C tidak hanya memperkuat gigi tetapi juga melindungi gusi. Oleh karena itu, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan penyakit gusi.

Penyakit Kulit

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.  Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan memainkan peran kunci dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, dll, penting untuk kesehatan kulit. Yang mengatakan, kekurangan vitamin C, juga dikenal sebagai penyakit kudis, dapat menyebabkan lesi kulit.  Gejala awal termasuk bintik-bintik perdarahan subkutan kecil.

Untuk mengatasi kekurangan vitamin C bisa dengan memasukkan makanan kaya vitamin C dalam diet Anda adalah cara terbaik untuk mengobati kondisi tersebut.  Perbanyak buah jeruk, sayuran yang kaya vitamin C.

 

Merokok harus dihindari karena penelitian telah membuktikan bahwa perokok telah mengurangi jumlah vitamin C dalam tubuh mereka.  Suplemen vitamin C juga dapat dipertimbangkan tetapi konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement