Selasa 12 Oct 2021 19:11 WIB

Air Galon Guna Ulang Picu Kanker? Ini Kata Dokter Onkologi

Dokter onkologi jelaskan faktor risiko kanker.

Rep: Novita Intan/ Red: Reiny Dwinanda
Air minum dalam kemasan galon guna ulang (ilustrasi). Belum ada penelitian yang mengaitkan antara kanker dan air galon isi ulang.
Foto:

Faktor risiko yang lain yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya kejadian kanker adalah merokok, obesitas atau kegemukan, pemakaian hormonal jangka panjang, usia menstruasi dini, perempuan yang tidak menyusui, terpapar bahan-bahan cat, dan pupuk kimia. Dr. Nadia menyebut, banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap suatu sel sehingga membuat sel itu berubah menjadi sel kanker.

"Air galon itu isinya malah air putih, paling sehat," katanya.

Dr. Nadia menegaskan air galon merek-merek besar sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Menurutnya, air galon guna ulang itu menggunakan plastik yang sudah food grade.

"Kalau air galon yang beredar di pasaran itu pasti sudah sesuai jenis plastiknya yang food grade karena pasti sudah lolos izin dan bersertifikasi," ucapnya.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi juga memastikan air galon guna ulang aman dikonsumsi para ibu hamil dan anak balita. Menurut dr. M. Alamsyah Aziz, SpOG (K), M.Kes., KIC, sampai saat ini tidak ada kasus gangguan terhadap janin karena ibunya minum air kemasan galon.

"Ibu hamil tidak perlu khawatir menggunakan kemasan AMDK galon guna ulang ini karena aman sekali dan tidak berbahaya terhadap ibu maupun pada janinnya," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement