Jumat 10 Sep 2021 00:05 WIB

4 Kesalahan Perawatan Rambut yang Picu Kerontokan

Perawatan rambut yang tidak tepat justru memicu kerontokan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perawatan rambut yang tidak tepat justru memicu kerontokan.
Foto:

2. Tidak cukup tidur

Kurang tidur memainkan peran yang jauh lebih besar dalam kerontokan rambut. Dr Rae Lynne Kinler menjelaskan, tidur memainkan peran penting dalam sintesis protein rambut, serta pelepasan hormon pertumbuhan yang memadai dalam tubuh.

Jadi, ketika Anda mendapatkan tidur yang cukup, tubuh akan meregenerasi dirinya sendiri dan menciptakan sel-sel baru, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

3. Terlalu sering menata rambut

Menggunakan alat penata rambut seperti hair dryer ataupun catokan setiap hari, dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada rambut dan akar Anda. Ini sering muncul sebagai rambut yang tampak kering dan rapuh yang rentan patah.

Selain membatasi penggunaan alat penata rambut  pastikan Anda menjaga jarak saat menggunakan hair dryer setidaknya delapan inci ke rambut, dan coba gunakan pengaturan panas yang lebih rendah.

4. Tidak mendapat nutrisi tepat

Seperti halnya perawatan kulit, kesehatan rambut kita dipengaruhi oleh pola makan. Makan makanan yang seimbang dapat membuat rambut terlihat dan terasa baik, ditambah mencegah kerontokan dan penipisan rambut.

Dokter spesialis kulit dr Steven Shapiro mengatakan bahwa membatasi asupan gula adalah kunci rambut sehat dan kuat. Ia juga merekomendasikan untuk konsumsi makanan utuh yang kaya nutrisi seperti protein, vitamin C, dan lemak omega 3 Asam Zat Besi, B12, Folat, Biotin, dan zinc juga bermanfaat bagi rambut.

"Zinc mengurangi peradangan yang merupakan langkah awal kerontokan rambut. Biotin dapat membantu tekstur rambut. Ini akan membuat rambut Anda terlihat sehat dan kuat," kata Steven.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement