Jumat 10 Sep 2021 00:05 WIB

4 Kesalahan Perawatan Rambut yang Picu Kerontokan

Perawatan rambut yang tidak tepat justru memicu kerontokan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perawatan rambut yang tidak tepat justru memicu kerontokan.
Foto: www.freepik.com
Perawatan rambut yang tidak tepat justru memicu kerontokan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika rambut Anda mulai rontok dan menipis, Anda tidak sendirian. Banyak wanita mengalami kerontokan atau bahkan kebotakan seiring bertambahnya usia, dan ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan hal ini.

Bagi sebagian orang, kerontokan rambut dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya seperti penyakit tiroid dan autoimun, stres, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, anemia, dan diet ketat. Namun ada juga sebagian orang yang mengalami rontok karena perawatan rambut yang salah.

Baca Juga

Dokter dari Bernstein Medical di New York City, Dr Christine Shaver, mengatakan bahwa kebiasaan merawat rambut yang tidak tepat menjadi penyebab paling umum dari kerontokan. Karena itulah penting untuk mempraktikkan perawatan rambut yang tepat demi menghindari dan mengurangi rontok.

Seperti dilansir dari She Finds, Kamis (9/9), berikut empat kesalahan umum yang mungkin Anda lakukan setiap hari, yang secara tidak sengaja menyebabkan kerontokan rambut.

1. Menguncir rambut terlalu kencang

Ini mungkin tampak terlalu sederhana, tapi kunciran yang terlalu kencang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Menguncir rambut terlalu kencang bisa melemahkan folikel rambut di akar.

Untungnya, ini adalah kesalahan perawatan rambut yang mudah dihindari. Jadi, kuncirlah rambut dengan karet atau simpul yang lebih longgar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement