Jumat 03 Sep 2021 06:37 WIB

Dokter Jawab 3 Pertanyaan Soal Anak Kembali ke Sekolah

Sebagian anak ke sekolah saat varian delta menyebar, penyakit lain masih membayangi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Murid SDN 04 Tambakaji kembali ke sekolah guna mengikuti pembelajaran secara tatap muka terbatas, Rabu (1/9).
Foto:

2. Kapan anak harus dites Covid-19?

Ketika tertular SARS-CoV-2, anak-anak bisa jadi tidak mengembangkan gejala. Itu menjadi penyulit kala menentukan waktu terbaik anak dites Covid-19.

Apakah di rumah ada anggota keluarga yang berisiko tinggi, seperti mereka yang mengalami gangguan kekebalan tubuh atau lansia? Nanti, ketika anak kembali bersekolah, berolahraga, atau telah melakukan kegiatan lain yang memerlukan interaksi sosial, mereka harus menjalani tes Covid-19.

photo
Gejala Covid-19 paling umum pada anak. - (Republika)

3. Apa yang harus dilakukan jika anak dinyatakan positif Covid-19?

Jika seorang anak dites positif, penyedia layanan kesehatan bisa saja menganggap semua orang di rumah juga positif. Meskipun itu tidak selalu benar, setiap orang harus dites dan dikarantina bersama dengan anak tersebut.

Tidak ada perawatan yang disetujui untuk Covid-19 pada anak-anak selain tindakan kenyamanan sederhana seperti istirahat dan minum cairan agar tetap terhidrasi. Perhatikan dan beri tahu dokter anak Anda kalau melihat buah hati menderita penyakit yang lebih serius yang disebabkan oleh Covid-19.

Sindrom peradangan multisistem pada anak (MIS-C) merupakan kondisi langka yang dapat muncul ketika anak positif Covid-19. Kondisi itu ditandai dengan gangguan pernapasan mendadak, nyeri dada akut, demam tinggi, sesak napas, dan sakit perut yang parah.

Baca juga : Himbara: Masa Pandemi, Aset Bank BUMN Capai Rp 3.904 Triliun

Secara keseluruhan, pesan terbesar yang dimiliki dokter anak untuk orang tua adalah untuk fokus pada pencegahan Covid-19. Mengenakan masker dan vaksinasi adalah dua tindakan terpenting yang dapat mencegah penyebaran.

Lanjutkan upaya menjaga kebersihan yang baik seperti sering mencuci tangan. Sebab, itu sangat penting untuk mencegah segala jenis penyakit, bahkan flu biasa atau pilek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement