Selasa 31 Aug 2021 15:37 WIB

Merokok-Obesitas Bisa Picu Renal Cell Carcinoma

Renal Cell Carcinoma termasuk jenis kanker agresif, dapat menyebar ke organ lain.

Pria obesitas. Merokok dan obesitas merupakan faktor risiko renal cell carcinoma alias karsinoma sel ginjal.
Foto:

Orang dengan RCC bisa jadi akan mendapati adanya benjolan di samping atau punggung bawah, sering merasa lelah dan kehilangan selera makan, berat badan turun meski tidak melakukan diet, dan demam yang tidak kunjung sembuh meski tidak terdapat infeksi, serta kurangnya sel darah merah atau anemia. Nadia mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai jika terdapat gejala seperti feses berdarah dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis.

"Kebanyakan RCC didiagnosis pada usia diatas 60 tahun dan ditemukan pada stadium awal, namun tidak sedikit pasien yang didiagnosis pertama kali dan sudah berada pada stadium dimana kanker ginjal telah mestastatik atau pada stadium lanjut, sehingga memerlukan perawatan yang saksama dan tepat agar kualitas hidup pasien dapat terus terjaga," kata dia.

Menurut data GLOBOCAN 2020, kejadian baru kanker ginjal di Indonesia sebanyak 2.394 kasus dengan 1.358 kematian (57 persen) akibat kanker ginjal. Sementara itu, di dunia, terdapat 431.288 kasus baru dengan 179.368 (41 persen) kematian.

Pengobatan RCC meliputi pembedahan, seperti nefrektomi atau pengangkatan tumor dari ginjal, dilanjutkan dengan terapi sistemik. Jika kedua ginjal sudah diangkat, maka pasien perlu menjalani cuci darah seumur hidupnya.

Dengan kemajuan pengobatan, kini pasien RCC dapat memanfaatkan pengobatan imunoterapi atau terapi biologis. Terapi lainnya meliputi terapi target di mana pengobatan ditargetkan hanya ke sel kanker saja sehingga efek terhadap sel sehat minimal.

"Pilihan perawatan akan menyesuaikan dengan keadaan stadium RCC yang dialami pasien, hal ini agar kualitas hidup pasien dapat berlangsung baik," tutur Nadia yang juga anggota Bidang Pelayanan Sosial YKI itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement