Senin 05 Jul 2021 14:19 WIB

7 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Air kelapa telah dikonsumsi selama berabad-abad, termasuk untuk kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kelapa muda. Air kelapa muda memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.
Foto:

5. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralisir stres oksidatif dan radikal bebas yang dihasilkan dari olahraga. Carilah air kelapa segar untuk mendapatkan tingkat antioksidan tertinggi. Menurut sebuah penelitian, air kelapa yang diproses dan dipasteurisasi dengan panas memiliki lebih sedikit antioksidan.

photo
Pedagang memilih buah kelapa muda untuk pembeli di kawasan Jalan Ahmad Yani, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (14/4/2021). - (Antara/Makna Zaezar)

6. Asam amino

Asam amino sangat penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembangun protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan sering dibandingkan susu sapi.

Air kelapa adalah sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang membantu merespons tubuh terhadap stres (seperti stres yang disebabkan latihan sulit). Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Sitokinin

Hormon yang membantu tanaman tumbuh, yakni sitokinin, juga ditemukan dalam air kelapa. Senyawa itu diyakini memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, hingga saat ini tidak ada penelitian besar yang menunjukkan bahwa air kelapa efektif menangkal kanker.

Air kelapa bisa menjadi cara yang bagus untuk rehidrasi setelah latihan keras dan berkeringat. Air kelapa dapat mengganti minuman olahraga tradisional, dengan tidak adanya tambahan gula, pewarna, dan bahan sintetis lainnya.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, mungkin lebih baik memilih air sebagai gantinya. Carilah air kelapa segar yang belum diproses untuk mendapatkan antioksidan paling banyak dan rasa tropis yang sesungguhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement