Selasa 07 Nov 2023 19:01 WIB

Enam Manfaat Air Kelapa Ini Jarang Orang Tahu, Apa Saja?

Air kelapa bermanfaat dibandingkan air biasa untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Air kelapa.
Foto: www.freepik.com.
Air kelapa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air kelapa adalah cairan manis dan menyegarkan pada kelapa muda yang mengandung vitamin dan mineral penting. Zat tersebut berfungsi mendukung fungsi otot dan saraf serta menyeimbangkan cairan tubuh.

Air kelapa cocok untuk mengisi kembali cairan setelah diare atau muntah karena kandungan elektrolitnya yang tinggi. Ini juga merupakan minuman yang bagus untuk merehidrasi dan memberi nutrisi pada otot setelah berolahraga.

Baca Juga

Manfaat Utama Air Kelapa: Elektrolit

Air kelapa mengandung banyak elektrolit alami, seperti natrium, magnesium, kalsium, dan kalium. 

 

Elektrolit adalah mineral penting untuk menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh, memindahkan limbah masuk dan keluar sel, mendukung fungsi otot dan saraf, serta menstabilkan tekanan darah.

Terkadang, berolahraga atau kehilangan banyak cairan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Oleh karena itu, minuman olahraga yang mengandung elektrolit sangat populer. 

Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi ketika jumlah air dalam tubuh berubah drastis, seperti setelah muntah atau diare.

Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan kebanyakan minuman olahraga dan mengandung karbohidrat sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi otot.

Penelitian menemukan air kelapa lebih bermanfaat dibandingkan air biasa untuk rehidrasi setelah berolahraga karena jumlah elektrolitnya yang tinggi.

Meskipun air kelapa mengandung elektrolit alami, ini bukanlah pilihan terbaik setelah latihan yang lama dan berintensitas tinggi. Air kelapa memiliki lebih sedikit natrium dibandingkan minuman olahraga lainnya.

Selain elektrolit, air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti dilansir Verywell Health, Selasa (7/11/2023).

1. Menurunkan tekanan darah 

Satu cangkir air kelapa mengandung 400 miligram (mg) potasium. Pola makan kaya potasium telah terbukti mengurangi tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

2. Melindungi dari radikal bebas

Antioksidan dalam air kelapa telah terbukti membantu melawan kerusakan sel dalam tubuh.

3. Mencegah batu ginjal

Air dari kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan membuang kelebihan mineral pembentuk kristal dalam sistem.

4. Tulang dan gigi yang lebih kuat

Kombinasi fosfat dan kalsium dalam air kelapa bekerja sama untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

5. Menstabilkan gula darah

Magnesium dalam air kelapa dapat membantu mengontrol glukosa darah. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement