Jumat 21 Aug 2020 16:08 WIB

Manfaat Sehat Air Kelapa Selain Sumber Elektrolit

Khasiat air kelapa sudah dikenal selama beberapa abad lamanya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Khasiat air kelapa sudah dikenal selama beberapa abad lamanya (Foto: ilustrasi air kelapa)
Foto: Wikimedia
Khasiat air kelapa sudah dikenal selama beberapa abad lamanya (Foto: ilustrasi air kelapa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air kelapa semakin populer beberapa tahun terakhir, tetapi "minuman olahraga dari alam" ini sudah diketahui khasiatnya selama berabad-abad. Cairan bening dalam kelapa muda dengan rasa unik ini punya banyak manfaat kesehatan.

Pakar nutrisi Maggie Michaelczyk mengatakan, air kelapa mengandung elektrolit berlimpah, termasuk kalium, natrium, dan magnesium. Semua itu membuat air kelapa bagus untuk membantu pemulihan pascalatihan fisik.

Baca Juga

"Jika Anda mengalami sesi latihan yang intens, terutama pada musim panas, elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan memperbaiki fungsi otot," kata Michaelczyk.

Perempuan yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat, itu juga menyebut kalium dalam air kelapa membantu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke. Satu cangkir air kelapa mengandung kalium lebih banyak daripada buah pisang berukuran sedang.

Sementara, kandungan magnesium dan mineral dalam air kelapa akan menjaga pencernaan serta mencegah sembelit. Jika tubuh sedang tidak enak badan, mengalami diare atau muntah, air kelapa pun bisa membantu hidrasi tubuh dan menyeimbangkan elektrolit.

Manfaat lain, air kelapa dapat meningkatkan kesehatan kulit. Minum air kelapa dapat memenuhi kebutuhan hidrasi harian yang meningkatkan sirkulasi dan membuat kulit kian bercahaya. Jenis air kelapa tertentu juga diperkaya dengan vitamin C.

Bagi yang sedang menghindari asupan gula, air kelapa merupakan alternatif minuman manis yang bagus. Daripada meminum jus atau soda, lebih baik memilih air kelapa yang biasanya hanya memiliki sedikit atau tanpa tambahan gula sama sekali.

Minuman tersebut juga dapat membantu menurunkan berat badan. Fungsi hidrasi tubuh akan mengoptimalkan laju metabolisme. Kandungan kalorinya yang secara substansial lebih rendah dari minuman lain dapat membantu mengurangi kalori selama sepekan.

Air kelapa bisa diminum langsung, ditambahkan ke smoothies, atau dipadatkan menjadi menjadi es batu. Pilih air kelapa 100 persen yang bukan konsentrat untuk hasil terbaik. Minuman ini aman dikonsumsi siapa saja, kecuali untuk pengidap gagal ginjal.

Pasalnya, air kelapa menyimpan kandungan kalium yang tinggi. Meskipun nutrisi tersebut sehat untuk tubuh, pengidap gagal ginjal tidak dapat membuang kelebihan kalium dengan baik, dikutip dari laman Good Housekeeping, Jumat (21/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement