Selasa 22 Jun 2021 20:12 WIB

Idap Kanker Prostat, 'Gunther' Ingatkan Deteksi Dini

Kanker Tyler disebabkan aspek genetik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor pemeran Gunther di sitkom Friends, James Michael Tyler, mengidap kanker prostat stadium 4.
Foto:

Kondisi tersebut membuat Tyler harus menjalani kemoterapi. Pria yang kini berusia 59 tahun itu menekankan betapa pentingnya deteksi dini. Kalaupun pria lain memiliki kondisi sama seperti dirinya, deteksi dini membuat mereka masih bisa memiliki opsi yang lebih baik.

"Lain kali, saat melakukan pemeriksaan kesehatan dasar atau tahunan, minta dokter untuk tes PSA. Ini mudah dideteksi. (Tapi) jika menyebar di luar prostat ke tulang, yang paling umum terjadi dan dalam kasus saya, itu bisa jauh lebih sulit untuk dihadapi," tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by James Michael Tyler (@slate_michael)

Pembawa acara prakiraan cuaca di Today, Al Roker, juga mengidap jenis kanker yang sama. Dia didiagnosis pada November 2020 dan menjalani operasi di New York, Amerika Serikat. Roker bersyukur kondisi itu diketahui lebih awal melalui pemeriksaan tahunan.

"Apa yang terjadi pada saya dan hasil penanganan mungkin benar-benar berbeda, jadi saya tidak bisa cukup menekankannya pada orang-orang. Hanya pastikan Anda memeriksakan diri," ujarnya, dikutip dari laman Fox News, Selasa (22/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement