Selasa 22 Jun 2021 16:39 WIB

Kimchi Diterjemahkan Sebagai Pao Cai, Warganet Korea Geram

Pao cai merupakan acar sayur China, sementara kimchi berasal dari Korea.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Proses pembuatan kimchi, hidangan tradisional khas Korea Selatan.
Foto:

Naver menjelaskan, terjemahan tersebut sesuai dengan pedoman penerjemahan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

“Saat ini kami sedang menunggu jawaban dari pemerintah. Kami akan mengubah subtitle yang bermasalah setelah kami menerima pedoman baru,” ujar juru bicara Naver kepada The Korea Herald.

Pedoman Kementerian Kebudayaan ditetapkan pada Juli tahun lalu. Nama-nama makanan yang sudah banyak digunakan di China akan diterima, demikian bunyi pedoman itu, sehingga pao cai tang ditulis sebagai terjemahan yang dapat diterima untuk kimchi jjigae, yaitu rebusan yang dibuat dengan kimchi.

Setelah perselisihan budaya pecah atas hidangan tradisional Korea pada tahun lalu, Kementerian Kebudayaan mengatakan, akan mengubah pedoman. Hanya saja, itu belum dilakukan sejak Januari lalu.

“Kami saat ini sedang berdiskusi dengan berbagai badan untuk membuat perubahan. Ini rumit karena kami juga harus mempertimbangkan apakah itu bisa merugikan eksportir Korea yang mencoba mengekspor produk kimchi,” kata seorang pejabat Kementerian Kebudayaan.

Dia menambahkan bahwa pedoman itu hanya rekomendasi dan perusahaan swasta tidak harus mengikutinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement