Rabu 02 Jun 2021 17:20 WIB

12 Tanda Long Covid Ini Perlu Diwaspadai

Orang-orang yang terkena Covid-19 bisa mengalami long Covid dan tidak menyadarinya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Orang-orang yang terekna Covid-19 bisa mengalami long Covid dan tidak menyadarinya.
Foto:

Masalah Jantung

Jantung berdebar dan detak jantung tak beraturan juga cukup umum dikeluhkan oleh penyintas Covid-19. Selain itu, penyintas Covid-19 juga mengalami peningkatan risiko gagal jantung, aterosklerosis, dan penyumbatan darah dalam waktu enam bulan setelah infeksi. Beberapa masalah yang juga ditemukan dalam long Covid adalah inflamasi pada otot jantung atau miokarditis.

 

Gejala Neurologis dan Penyakit Mental

Lebih dari sepertiga penyintas Covid-19 mengalami gejala neurologis atau penyakit mental dalam kurun waktu enam bulan setelah infeksi. Keluhan yang paling umum ditemukan adalah kecemasan dan gangguan mood seperti depresi.

 

Hilang Penciuman

Dari seluruh pasien Covid-19 yang kehilangan indera penciumannya, sekitar sepertiganya tak mendapatkan kembali indra penciuman mereka dalam waktu dua bulan atau lebih. Hal ini diungkapkan dalam sebuah survei kecil di Amerika Serikat.

 

Gejala Pencernaan

Studi berskala kecil di Cina menemukan bahwa lebih dari 40 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami masalah terkait pencernaan sekitar tiga bulan setelah terinfeksi. Gejala terkait pencernaan yang paling sering dikeluhkan adalah kehilangan nafsu makan, mual, refluks asam, dan diare.

 

Ruam Kulit dan Rambut Rontok

Penyintas Covid-19 melaporkan gejala ruam kulit sekitar enam bulan setelah terinfeksi. Sebuah studi di Cina juga menemukan ada sekitar 22 persen pasien yang mengalmai rambut rontok sekitar enam bulan setelah dirawat di rumah sakit akibat Covid-19.

 

Dada Tertekan dan Nyeri Sendi atau Otot

Sebuah survei mengenai long Covid menemukan bahwa sembilan dari 10 orang melaporkan gejala, seperti dada tertekan atau sesak, nyeri otot, dan nyeri sendi sekitar satu bulan setelah infeksi. Gejala-gejala ini berlangsung setidaknya selama tujuh bulan pada sebagian pasien.

 

Diabetes

Menurut studi di antara veteran Amerika Serikat, pasien long Covid memiliki risiko 39 persen lebih tinggi untuk terdiagnosis dengan diabetes dalam kurun waktu enam bulan setelah infeksi.

 

Penyakit Ginjal

Penyintas Covid-19 memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit ginjal akut. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang melibatkan veteran penyintas Covid-19.

 

Gejala Lain

 

Ada beberapa gejala long Covid lain yang belum terdokumentasikan dalam studi berskala besar. Beberapa di antaranya adalah menstruasi tidak teratur, sindrom premenstruasi yang lebih buruk, dan tinnitus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement